5 Cara Menciptakan Ketenangan Pikiran dengan Islam

pic by: canva.com

Kedamaian pikiran dan ketenangan adalah dambaan nomor satu bagi setiap umat manusia, terutama pada saat kita berlomba dengan dunia untuk mencapai semua tujuan materi yang kita tentukan sendiri atau masyarakat menghalangi kita.

Pertanyaan pentingnya adalah bagaimana cara memperoleh ketenangan pikiran, dan ketenangan batin yang dicari setiap manusia? Allah SWT menjawab pertanyaan ini dalam ayat wahyu terakhirnya, Al-Qur’an

Beliau bersabda: Orang-orang yang beriman, hati mereka tenteram dan tenteram dengan mengingat Allah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. (Surat Ar-Rad 28)

Maka salah satu cara untuk menciptakan ketenangan pikiran dan ketentraman yang langgeng adalah dengan menyibukkan diri dengan mengingat Allah atau yang disebut dengan Dzikir atau Zikir.

Dunia modern menantang kita dengan begitu banyak gangguan dan begitu banyak harapan yang tidak bermanfaat bagi kita. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberi Anda 5 cara agar anda dapat menciptakan ketenangan pikiran dan ketenangan batin setiap hari, insya Allah.

1. MENCIPTAKAN KETENANGAN PIKIRAN MELALUI MENGINGAT ALLAH

Cara terbaik untuk menciptakan ketenangan pikiran dengan mengingat Allah adalah dengan melakukannya secara konsisten sepanjang hari. Bukan berarti kita tidak bisa melanjutkan menjalani hidup, namun saya sarankan agar Anda menyertakan 5 menit Mengingat ke dalam salat 5 waktu.

Luangkan waktu 5 menit sebelum atau sesudah shalat harian anda untuk berdzikir kepada Allah. Sekarang ini adalah Sunnah yang ditentukan Nabi, saw.

2. BUAT JENDELA FOKUS UNTUK MEMBUAT WUDU

Luangkan waktu 10 menit sebelum shalat lima waktu sebagai titik fokus, untuk melakukan ritual wudhu/Wudhu sebelum Sholat anda. Saya menyarankan untuk berwudhu sebelum setiap shalat, terlepas dari apakah anda membutuhkannya atau tidak.

Namun ketika anda membuat Wudhu memikirkan tentang Allah, luangkan waktu anda dan renungkan mengapa anda melakukan hal ini. Ingatlah itu adalah ibadah dan pembersihan dosa-dosa anda. Namun agar bisa menjadi zikir, jadikanlah ini sebagai latihan untuk menciptakan fokus dalam pikiran anda sehingga anda akan lebih fokus dalam shalat 5 waktu.

3. TINGGALKAN BUDAYA BERITA 24 JAM

Kedengarannya agak negatif, tapi beritanya hampir selalu negatif. Jika anda ingin menciptakan suatu pikiran, anda tidak dapat melakukannya dengan memberi pikiran anda hal-hal negatif yang terus-menerus.

Apa yang kita masukkan ke dalam pikiran kita menciptakan rasa kekacauan di pikiran kita. Hal terburuk yang kebanyakan orang pikirkan adalah berita buruk yang terus-menerus kita dapatkan dari aliran berita 24 jam ini. anda tahu, jika beritanya positif, setidaknya 50% dari keseluruhan waktu, maka anda mungkin dapat berargumentasi bahwa itu bukan hal yang buruk, meskipun saya berpendapat berbeda.

4. JANGAN SENTUH INTERNET ATAU PERANGKAT SELULER ANDA SELAMA DUA JAM

Benar sekali, saya sedang mengatasi kecanduan yang banyak dimiliki oleh kita yang merusak ketenangan pikiran kita. Begitu banyak dari kita mengangkat telepon segera setelah kita bangun. Beberapa dari kita bahkan berdalih bahwa saya hanya sekedar mengecek waktu. Tapi saya tahu ketika saya melakukan hal itu dan langsung setelah memeriksa waktu, kami masuk ke salah satu aplikasi atau memeriksa pesan.

Ini adalah perilaku paling merusak yang selama ini kita tanamkan. Pemberitahuan terus-menerus saat anda bangun mengambil perhatian dan fokus anda serta menghancurkannya.

5. LAKUKAN HAL TERAKHIR YANG ANDA LAKUKAN DI MALAM HARI

Hal ini sesuai dengan Sunnah Rasulullah SAW, bahwa kita harus melakukan hal terakhir yang kita lakukan di malam hari, yaitu Sholat Witir.

Dari Jaabir radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa takut di penghujung malam, ia tidak bangun, maka hendaklah ia shalat witir di awal malam. di malam hari, namun barangsiapa menyangka bahwa ia dapat bangun di penghujung malam, maka hendaklah ia shalat witir di penghujung malam, karena shalat di penghujung malam disaksikan (oleh para malaikat) dan itu lebih baik.” Diriwayatkan dalam Shahih Muslim.

Mengingat Allah. Hal terakhir yang anda lakukan sangatlah penting karena ini seperti anda telah mencelupkan diri anda ke dalam rendaman zikir dan kemudian anda, pikiran anda akan menyerap rendaman itu sepanjang malam hingga anda bangun untuk sholat subuh.

Tidur dengan mengingat Allah akan membantu anda mengakhiri hari dengan fokus positif. Bersyukurlah atas semua yang anda alami sepanjang hari dan renungkan hal-hal baik yang didapat dari hari anda.

Populer video

Berita lainnya