Panduan Penting Agar Sukses Menjalani Kencan Pertama yang Sukses

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kencan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kencan pertama menjadi momen tegang bagi banyak orang, di mana terkadang mencari topik pembicaraan yang tepat bisa menjadi tantangan. Menurut konselor Bonnie Scott, LPC, dari Very Well Mind, kunci utama adalah tetap menjadi diri sendiri dan membangun hubungan dengan cara yang alami.

Scott menyarankan untuk menghindari komentar yang menghakimi atau terlalu memuji, yang bisa membuat suasana menjadi canggung. “Kita ingin terlihat autentik dan membangun koneksi yang tulus,” ujarnya.

Selain itu, penting juga untuk menjaga percakapan tetap positif dengan menghindari topik seperti mantan atau riwayat seksual yang terlalu pribadi. “Percakapan yang terlalu dalam atau terlalu serius bisa menghalangi kebersamaan yang seharusnya dibangun pada tahap awal ini,” tambahnya.

Menurut Susan Trotter, PhD, pelatih hubungan, terlalu banyak fokus pada diri sendiri atau menunjukkan rasa insecure juga bisa membuat kencan menjadi kurang menyenangkan. “Saat kencan pertama, penting untuk menunjukkan ketertarikan pada pasangan dengan bertanya-tanya tentang mereka juga,” jelasnya.

Di sisi lain, membuka diri tentang trauma di masa lalu atau menggali topik yang terlalu serius sebaiknya dihindari pada tahap awal ini.

“Kencan pertama sebaiknya tetap ringan dan menyenangkan, agar memastikan kedua belah pihak merasa nyaman dan penasaran untuk bertemu lagi,” tutur Christina Grahanan, LCSW, pekerja sosial klinis.

Secara keseluruhan, kunci kencan pertama yang sukses adalah tetap santai, menjadi diri sendiri, dan menunjukkan ketertarikan yang tulus pada pasangan. Dengan begitu, mudah menilai apakah ada kecocokan dan hubungan tersebut memiliki potensi untuk berkembang lebih dalam di masa depan.