Batasan yang Buruk di Tempat Kerja Bisa Membuat Kamu Lebih Miskin

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Kurangnya batasan kerja tidak hanya menghambat kesehatan mental dan kesejahteraan anda. Ahli strategi karir Whitney Living baru-baru ini berbagi di Instagram bahwa kurangnya batasan yang sehat di tempat kerja sebenarnya dapat merugikan anda. Mulai dari lalai mengadvokasi diri sendiri hingga membiarkan manajemen menguasai anda, kurangnya batasan dapat menjadi penyebab karier dan rekening bank yang tidak memuaskan.

Berikut adalah 3 batasan yang buruk di tempat kerja dapat merugikan anda:

1. Anda tidak membela diri sendiri

Terkadang, melakukan advokasi untuk diri sendiri di tempat kerja bisa terasa tidak nyaman, entah itu meminta kenaikan gaji, mengalihkan beban kerja yang berat, atau bahkan meminta bantuan dalam suatu proyek. Meskipun diskusi tentang ini mungkin menimbulkan ketidaknyamanan bagi anda, namun hal ini penting untuk dilakukan. Mereka tidak hanya dapat membantu menciptakan keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi yang lebih baik, namun juga dapat memastikan anda dibayar secara adil untuk pekerjaan yang anda lakukan.

“Jika anda telah ‘dijanjikan’ kenaikan gaji atau belum pernah mendapat kenaikan gaji, majikan anda mungkin memanfaatkan batasan Anda,” jelas Living. “Mereka tidak mengharapkan anda mengatakan apa pun tentang kenaikan gaji, jadi mereka tidak berencana memberi anda kenaikan gaji.”

Jika anda tidak bertanya, kemungkinan besar mereka tidak akan menawarkan. Anda berhak merasa didengarkan, dihargai, dan diberi kompensasi yang adil di tempat kerja, apa pun peran yang anda pegang.

2. Mereka memberi anda pekerjaan atau proyek di bawah tingkat keahlian anda

Batasan yang buruk berdampak pada kompensasi finansial anda di tempat kerja adalah dengan menerima dan terus melakukan pekerjaan atau proyek yang tidak sesuai dengan keahlian anda. Beberapa pemberi kerja akan mengambil keuntungan dari karyawan yang menerima pekerjaan semacam ini dengan “merampok” potensi kenaikan gaji dan promosi.

3. ‘Kamu tetap pada pekerjaan yang seharusnya kamu tinggalkan’

Terakhir, sesuatu yang membuat kita semua bersalah pada suatu saat adalah tetap berada pada pekerjaan yang tidak tepat untuk anda. Entah mereka memanfaatkan anda, dengan tidak membayar anda dengan cukup, atau hanya membuat anda bekerja terlalu keras, batasan yang sehat akan memaksa anda keluar dari zona nyaman dan membuat anda menemukan sesuatu yang lebih menguntungkan.

Jika Anda memiliki sumber daya dan kebebasan untuk mencari pekerjaan lain, anda harus melakukannya, terutama jika anda tidak diberi kompensasi atas waktu, tenaga, dan kerja keras yang anda lakukan.

Mencari pekerjaan baru dapat meningkatkan gaji dan kompensasi anda serta mendiversifikasi resume anda, menyiapkan anda untuk kesuksesan finansial yang lebih besar di kemudian hari. Jadi, apakah anda sangat tidak bahagia dengan pekerjaan anda saat ini atau tidak, pastikan anda terus membangun hubungan dalam industri anda dan mencari pekerjaan — ini bisa membuka lebih banyak peluang daripada yang anda kira.