Makanan Tradisional Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dicoba

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Makanan Tradisional Indonesia yang Terkenal berkisah tentang masakan dan resep khas Indonesia, sehingga bisa anda cicipi saat berkunjung ke Indonesia suatu saat nanti. Indonesia sebagai negara dengan ribuan pulau memiliki beragam budaya dan masakan. Beberapa makanan tradisional Indonesia sudah mendunia dan mendapat apresiasi dari warga mancanegara. Keberagaman budaya Indonesia menghasilkan beragam makanan tradisional yang menggugah selera. Makanan khas Indonesia yang satu ini wajib Anda coba.

Seperti yang kita ketahui Indonesia mempunyai keberagaman budaya dan etnis. setiap etnis juga memiliki makanan tradisionalnya masing-masing. Jadi varian makanan yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Nah itulah daftar makanan tradisional jawa yang wajib anda coba

1. Makanan tradisional Indonesia yang terkenal -Gudeg

Gudeg merupakan masakan khas dari Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan santan kental. Dan sebagai tambahan, lauk pauknya adalah ayam, telur, tahu, tempe, dan sambal goreng. Ngomong-ngomong, ada perbedaan cita rasa antara Gudeg Yogyakarta dengan daerah lain di Jawa Tengah. Gudeg khas Yogyakarta rasanya manis. tapi kalau ke Solo rasanya asin

2. Makanan tradisional Indonesia yang terkenal – Gado Gado

Gado-gado adalah berbagai macam sayuran yang direbus. Selain itu lauk pauknya adalah sambal kacang, telur, tempe, tahu, krupuk, dan lontong (nasi dibungkus daun pisang lalu direbus). Jadi jika anda seorang vegetarian makanan ini sangat cocok dan wajib anda coba.

3. Makanan tradisional Indonesia yang terkenal -Nasi Liwet

Makanan Tradisional Indonesia yang Terkenal Makanan khas ini berasal dari Solo, Jawa Tengah. Nasi Liwet banyak ditemukan di sudut kota Solo. Jadi Anda bisa dengan mudah menemukannya siang atau malam nasi yang dimasak dengan santan dan kuah ayam. Biasanya disajikan dengan potongan ayam, telur, dan sambal goreng di atas daun pisang Gurihnya santan yang meresap ke dalam nasi serta pedasnya cabai goreng mampu menggugah selera. Jadi kalau berkunjung ke Kota Solo wajib mencoba Nasi Liwet

4. Makanan Tradisional Indonesia yang Terkenal – Rawon

Rawon adalah masakan Indonesia yang berupa sup daging sapi hitam dengan campuran bumbu khas menggunakan Kluwek (bumbu tradisional) walaupun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (daerah Arekan) namun juga dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah (daerah Surakarta). . Rawon disajikan dengan nasi. Dan di atasnya diberi tauge, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng, dan sambal.

5. Bakmi goreng Jawa (mie goreng jawa)

Bakmi goreng Jawa merupakan salah satu masakan tradisional yang mudah anda temukan terutama di Yogyakarta dan Solo. Jika berkunjung ke kedua kota tersebut, hidangan ini sudah seperti makanan khas masyarakat Jawa. Namun rasanya yang begitu nikmat biasanya warung buka dari jam 6 sore hingga tengah malam. Jadi Anda bisa menemukannya di malam hari.

6. Sate ayam dan sate Kambing (Sate Ayam dan sate kambing atau domba)

Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tongkat. lalu dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu tergantung variasi resep satenya. Sebenarnya di Indonesia ada beberapa daging lain selain ayam dan kambing atau domba seperti daging babi, sapi, kelinci, dan kuda. namun sebagian besar masyarakat Indonesia lebih menyukai sate ayam atau sate kambing/domba

7. Makanan tradisional Indonesia yang wajib kamu coba-Pempek

Pempek merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang berasal dari palembang, sumatera selatan. namun sebenarnya pertama kali dibuat oleh keturunan Tionghoa di Indonesia. Maka dari itu makanan ini dinamakan Pempek karena berasal dari kata Empek Empek atau orang Tionghoa paruh baya Empek Empek adalah kelezatan kue ikan yang gurih, terbuat dari ikan dan tapioka. disajikan dengan saus asam manis kental yang disebut kuah Cuka (cuka) atau kuah Cuko (saus cuka)

8. Rendang

Rendang merupakan masakan Minang yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Sangat populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga mendunia dan bahkan dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Itu terbuat dari daging sapi dan telah dimasak perlahan dan direbus dalam santan. dibumbui dengan campuran bumbu dan rempah hingga cairannya menguap dan daging berubah warna menjadi coklat tua dan empuk. menjadi karamel dan diresapi dengan rasa yang kaya. Anda bisa menemukannya dengan mudah di setiap restoran Padang di Indonesia.

9. Makanan tradisional Indonesia yang wajib kamu coba-Pecel

Merupakan salad tradisional Jawa dengan saus kacang dan biasanya dimakan dengan karbohidrat. Jika Anda seorang vegan, makanan ini juga cocok untuk Anda karena penuh dengan sayuran. Saya pribadi sangat menyukai makanan ini dan hampir setiap hari saya menyantap makanan ini, karena sangat sehat dan murah.

10. Soto

Soto berbentuk seperti sup dan merupakan hidangan tradisional dari Indonesia. yang menggunakan bahan-bahan seperti daging ayam atau sapi, mie, dan bihun. Kunyit ditambahkan sebagai salah satu bahan utama pembuatan kaldu ayam kuning. Selain ayam dan bihun, bisa juga disajikan dengan telur rebus, irisan kentang goreng, dan daun seledri cina. Makanan ini sangat banyak ditemui di Indonesia bahkan di setiap kota di seluruh Indonesia mempunyai sotonya masing-masing beserta ciri khasnya. Anda bisa menemukannya dengan mudah di setiap sudut kota dan harganya juga murah tapi sekali lagi tentu saja tergantung tempat atau restoran yang Anda pilih.