6 Perilaku yang Sangat Umum Terjadi pada Orang dengan Harga Diri Rendah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Anda mungkin perlu memiliki kesadaran diri yang lebih kuat. Membawa rasa percaya diri, harga diri, dan sikap negatif yang rendah tidak hanya berbahaya bagi kepercayaan publik pada anda. Dampaknya menyebar ke setiap sudut dan celah kehidupan Anda, menggerogotinya dengan kedengkian yang tidak mencolok. Percaya atau tidak, harga diri, kepercayaan diri, atau rasa rendah diri tidak muncul selama masa pubertas. Mereka bahkan tidak menunggu seorang anak bisa membaca kata “harga diri”.

Mungkin temuan yang paling menarik adalah bahwa harga diri yang dikembangkan sejak dini ini tetap stabil sepanjang masa hidup seseorang. Hal ini penting dalam cara anak-anak membentuk identitas sosial dan, dengan cara ini, merupakan landasan bagi kehidupan. Dampak rendahnya harga diri di masa dewasa dapat ditelusuri kembali ke kesulitan masa kanak-kanak.

Anak tersebut mungkin menderita karena tidak adanya kebutuhan – cinta, penegasan, bimbingan, perlindungan, batasan – atau memiliki pengalaman yang menyakitkan. Terkadang, bahkan keduanya. Orang tua tidak harus menjadi sempurna untuk memastikan anak mereka keluar dari masa balita dengan perasaan diri yang sehat. Pola asuh yang “cukup baik” hanya mengharuskan seorang anak dicintai dan dihargai berdasarkan siapa dirinya dan bukan berdasarkan perilakunya.

Seiring bertumbuhnya seorang anak, kesadaran diri mereka – baik atau buruk – akan terus melekat. Pada saat anak sudah cukup besar untuk mulai mengambil keputusan, membangun hubungan yang kompleks, dan mempunyai pekerjaan, hal ini akan menunjukkan dampak yang bertahan lama. Oleh karena itu, semakin sulit untuk belajar bagaimana menjadi lebih percaya diri dan melihat lebih banyak nilai dalam harga diri mereka. Namun hal-hal negatif yang mengelilinginya dapat membajak kehidupan, hubungan, dan pekerjaan anda tanpa anda sadari atau pahami alasannya.

6 perilaku ini biasa terjadi pada orang dengan harga diri rendah:

1. Anda kesulitan mengambil keputusan dan menaatinya

Kurangnya rasa percaya diri dan rasa berharga dapat membuat anda plin-plan bahkan pada hal-hal yang paling sederhana. Sesuatu yang sederhana seperti menentukan tempat makan bisa menjadi dilema mencari opini yang menguras tenaga. Dan itu sebelum anda berubah pikiran. Terjemahkan hal tersebut ke dalam situasi yang membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat dan tuntas, dan anda dapat melihat bagaimana anda akan menyerahkan kompas hidup anda kepada orang lain.

2. Anda takut akan hasil yang belum terjadi

Salah satu efek klasik dari rendahnya harga diri adalah kecenderungan untuk membesar-besarkan atau membuat bencana karena takut akan konfrontasi. Anda tidak harus menjadi penindas untuk membela diri sendiri, pendapat anda, dan nilai-nilai anda. Rasa rendah diri yang dapat membuat seorang anak terluka secara emosional dan terisolasi di taman bermain juga dapat menimbulkan bencana bagi orang dewasa.

3. Anda tetap berada dalam hubungan yang tidak memuaskan

Jika Anda memiliki harga diri yang rendah atau rasa rendah diri, Anda cenderung percaya bahwa Anda tidak layak untuk dicintai. Anda mungkin percaya bahwa tidak seorang pun dengan kualitas pasangan yang anda inginkan akan tertarik pada anda. Anda menerima keadaan biasa-biasa saja – atau mungkin lebih buruk – karena pasrah terhadap apa yang anda anggap tidak diinginkan.

4. Anda bertahan dalam pekerjaan biasa-biasa saja

Percakapan anda dengan diri sendiri mungkin terdengar seperti ini: “Orang dengan pekerjaan bagus adalah (isikan pujian) dan punya (isikan kelebihannya). Saya tidak cukup baik, cukup pintar, cukup berpengalaman untuk melakukan (isikan pekerjaan itu) deskripsi). Aku tidak layak mendapat posisi setinggi itu atau penghasilan dengan angka nol sebanyak itu.”

5. Anda tidak mampu menangani perasaan dan situasi sulit

Seseorang dengan kesadaran diri yang sehat tidak perlu menghindari perasaan dan situasi sulit. Mereka dapat mengatasi frustrasi dan kekecewaan yang wajar dengan keterampilan dan penerimaan pemecahan masalah. Orang dewasa yang tidak memiliki rasa percaya diri yang kuat sangat rentan dalam menemukan cara untuk melepaskan diri dari apa yang terasa tak tertahankan. Narasi inilah yang mendasari sebagian besar kasus penyalahgunaan narkoba dan alkohol.

6. Anda terlalu lelah untuk terlibat dalam kehidupan

Salah satu dampak utama dari rendahnya harga diri adalah kelelahan. Dalam konteks perasaan tidak berharga, tidak percaya diri, dan tidak mampu, tidur bisa menjadi salah satu cara menghindari kehidupan. Lagi pula, jika anda tidak terlibat, anda tidak akan mengambil risiko orang lain tidak senang dengan anda. Anda tidak mengambil risiko mengacaukan segalanya. Anda tidak mengambil risiko gagal.

Kelelahan kronis juga bisa menjadi tanda depresi. Jika tidak ditangani dengan serius, depresi dapat menimbulkan konsekuensi emosional dan fisik yang luas. Dampak dari rendahnya harga diri sangat luas, meskipun dampaknya tersembunyi dan sulit dijabarkan. Fakta bahwa harga diri berakar pada usia muda merupakan pengingat untuk mencintai anak-anak agar memiliki rasa diri yang sehat. Ini juga merupakan pengingat untuk mencintai diri sendiri dalam praktik penyembuhan sehingga harga diri anda tidak membuat anda merindukan hidup anda