Makanan Sehat yang Memberi Kilau dari Dalam, Nggak Perlu Sering ke Spa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Seorang ahli gizi berbagi jenis makanan anti penuaan yang lezat yang akan membantu anda merasa sebaik penampilan Anda. Kulit kita mencerminkan kesehatan kita dan merupakan kesan pertama orang terhadap kita ketika kita bertemu, tidak mengherankan jika banyak dari kita ingin memiliki kulit terbaik. Itu sebabnya saya meneliti pilihan anti penuaan alami untuk membuat kulit terlihat lebih muda, termasuk makanan apa yang baik untuk kesehatan kulit.

Delapan makanan anti penuaan yang membantu anda mendapatkan kilau dari dalam:

1. Omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu kulit tampak lebih muda karena mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Mereka juga mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membuat kulit lebih halus dan tampak lebih muda serta mengurangi kondisi peradangan kulit, seperti jerawat atau psoriasis. Beberapa sumber utama omega-3 adalah minyak rami organik atau minyak biji rami, biji chia, kenari, dan ikan tertentu seperti sarden, salmon, mackerel, tuna, ikan teri, dan ikan cod hitam.

2. Makanan kaya vitamin

Makanan kaya vitamin A, C, dan E akan memberikan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kerutan. Makanan organik, segar, dan belum diolah akan memberikan nutrisi paling banyak. Selalu konsumsi buah-buahan dalam bentuk utuh yang kaya serat, dan jangan pernah minum jus buah murni atau olahan. (Jus buah terlalu cepat masuk ke aliran darah, dan lebih baik mengonsumsi serat dari seluruh buah untuk memperlambat gula.) Makanan kaya vitamin A adalah aprikot, Goji berry, Acai berry, butternut squash, wortel, melon , sayuran berdaun hijau (terutama kangkung, Swiss Chard, dan romaine, serta kecambah dan rumput gandum), mangga, labu, ubi jalar, bayam, dan tomat.

3. Wheatgrass

Wheatgrass memiliki banyak manfaat yang diambil secara internal atau digunakan secara topikal. Wheatgrass adalah tunas rumput muda dari tanaman gandum biasa, yang sering diambil sebagai jus. Dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau tablet juga. Jus rumput gandum adalah detoksifikasi yang baik dan, jika dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu cepat atau saat makan, dapat membuat Anda merasa mual atau sakit kepala. Jadi, mulailah dengan perlahan dan tambahkan sedikit lagi ke dalam diet Anda sebisa mungkin.

4. Tomat

Tomat tidak hanya tinggi vitamin A, tetapi juga tinggi likopen yang dapat berfungsi sebagai pelindung sinar matahari alami dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari pada kulit.

5. Kenari

Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3, protein, dan asam alfa-linolenat. Asam alfa-linolenat membantu menjaga kulit tetap lembab dan kenyal. Kacang kenari juga terbukti membantu tidur. Tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan kulit. Tubuh kita beristirahat dan menyembuhkan ketika benar-benar beristirahat di malam hari dalam tidur nyenyak.

6. Kakao

Ya, Anda bisa makan coklat hitam untuk kesehatan kulit anda! Kakao merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan dan flavonoid tertinggi. Ini luar biasa dalam meningkatkan sirkulasi. sumber flavonol yang baik – sekelompok metabolit tumbuhan yang memiliki efek antioksidan yang sangat baik. Flavonol ini dapat melawan kerusakan kulit. Flavonoid juga melawan radikal bebas (molekul yang kehilangan elektron dan menyerang DNA, enzim, dan protein atau membran sel) dalam aliran darah.

7. Alpukat

Buah ini kaya akan manfaat nutrisi dan memiliki rasa kaya krim yang lezat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan “lemak baik”. Menurut Harvard School of Public Health, “Lemak tak jenuh disebut lemak baik karena dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, meredakan peradangan, menstabilkan ritme jantung, dan memainkan beberapa peran bermanfaat lainnya.”Lemak sehat, seperti lemak dalam alpukat, sangat penting untuk setiap sel dalam tubuh kita. Hal ini dapat mendukung otak kita, meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan yang paling penting, dapat membuat kulit bercahaya.

8. Kelapa

Kelapa (daging, air, dan minyak) dapat digunakan dalam berbagai cara sebagai makanan, losion, dan minuman. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi namun berbeda dengan lemak jenuh dari daging. Lemak jenuh minyak kelapa mengandung trigliserida rantai menengah. Asam lemak rantai menengah ini diserap secara berbeda oleh tubuh. Asam lemak ini langsung menuju hati dari saluran pencernaan dan kemudian diubah menjadi badan keton. Keton ini memiliki efek terapeutik pada otak dengan memungkinkan otak menyerap glukosa dari aliran darah. Minyak kelapa telah diteliti efek positifnya terhadap gangguan otak seperti epilepsi dan Alzheimer.