10 Aturan Ikigai, Rahasia Orang Jepang Untuk Panjang Umur Dan Bahagia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Memiliki tujuan hidup adalah kunci hidup bahagia dan sehat. Ikigai adalah konsep Jepang yang mendefinisikan alasan keberadaan Anda. Apa yang kamu sukai (gairahmu) Apa yang dibutuhkan dunia (misi Anda). Apa yang Anda kuasai (pekerjaan Anda), Untuk apa Anda dapat dibayar (profesi Anda).Berikut 10 aturan Ikigai, rahasia orang Jepang untuk panjang umur dan sehat

1. Lakukan secara perlahan.

“Rahasia saya untuk panjang umur adalah selalu berkata pada diri sendiri, ‘Pelan-pelan’ dan ‘Tenang’. Anda akan hidup lebih lama jika tidak terburu-buru.” Jalani hidup yang tidak tergesa-gesa. Terburu-buru berbanding terbalik dengan kualitas hidup.

2. Tetap aktif; jangan pensiun.

“Berjalanlah perlahan dan kamu akan melangkah jauh.” Hanya dengan tetap aktif akan membuat Anda ingin hidup seratus tahun.

3. Jangan mengisi perutmu.

Lebih sedikit lebih baik dalam hal makan untuk umur panjang. Isi perut Anda hingga 80%. Daripada makan berlebihan dan melelahkan tubuh kita dengan proses pencernaan yang lama sehingga mempercepat oksidasi sel, berhentilah makan ketika Anda merasa perut Anda mencapai 80 persen dari kapasitasnya.

4. Kelilingi diri anda dengan teman-teman baik.

Rasa kebersamaan, dan fakta bahwa masyarakat Jepang berupaya untuk tetap aktif hingga akhir, merupakan elemen kunci rahasia umur panjang mereka. Perlakukan semua orang seperti saudara, meskipun anda belum pernah bertemu mereka sebelumnya.

5. Tetap bugar untuk ulang tahun Anda berikutnya.

Sama seperti kurangnya latihan fisik yang berdampak negatif pada tubuh dan suasana hati kita, kurangnya latihan mental juga berdampak buruk bagi kita karena hal itu menyebabkan neuron dan koneksi saraf kita memburuk. Berjalanlah setidaknya selama dua puluh menit setiap hari.

6. Tersenyumlah.

Bukalah hatimu untuk orang-orang dengan senyum manis di wajahmu. Jika Anda tersenyum dan membuka hati, dan semua orang akan ingin melihat Anda.”

7. Berhubungan kembali dengan alam.

Kehidupan modern semakin menjauhkan kita dari sifat sejati kita, sehingga sangat mudah bagi kita untuk menjalani kehidupan yang kurang bermakna. Jangan melihat layar apa pun pada jam pertama Anda bangun dan satu jam terakhir sebelum Anda tidur.

8. Bersyukur.

Tujuan orang berbudi luhur adalah mencapai keadaan ketenangan: tidak adanya perasaan negatif seperti kecemasan, ketakutan, rasa malu, kesombongan, dan kemarahan, serta adanya perasaan positif seperti kebahagiaan, cinta, ketenangan, dan rasa syukur.

9. Hiduplah pada saat ini.

Berhentilah menyesali masa lalu dan takut akan masa depan. Hanya hari ini yang kamu punya. Manfaatkan itu semaksimal mungkin. Jadikan itu layak untuk diingat.

10. Ikuti ikigai Anda.

Setiap orang dengan ikigai yang jelas memiliki kesamaan yaitu mereka mengejar hasratnya apa pun yang terjadi. Mereka tidak pernah menyerah, bahkan ketika kartunya tampak bertumpuk atau mereka menghadapi rintangan demi rintangan. Ada gairah dalam diri Anda, bakat unik yang memberi makna pada hari-hari Anda dan mendorong Anda untuk berbagi yang terbaik dari diri Anda hingga akhir. Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas, tidak ada yang bisa menghentikan Anda.