Ini Cara Mengajari Anak tentang Mengambil Tanggung Jawab dan Tindakan Atas Kehidupan Mereka

pic by: stock.adobe.com

Mengambil tanggung jawab harus menjadi keterampilan yang dipelajari setiap orang saat tumbuh dewasa. Ketika orang tua yang melakukan segalanya untuk anak-anak mereka. Anak-anak ini tidak belajar bagaimana bertanggung jawab, karena orang tua mereka selalu mengawasi dan memuluskan jalan mereka.

Orang tua memastikan anak-anak mendapatkan tugas sekolah, makan siang, dan apa pun yang mereka butuhkan untuk mendukung kegiatan sepulang sekolah. Misalnya juga, jika ada sesuatu yang tertinggal di rumah, orang tuanya akan bergegas kembali ke sekolah dengan membawa barang yang terlupakan tersebut.

Akibatnya, orang tua tidak melatih ingatan anak-anak mereka, dan mereka juga tidak belajar bagaimana bertanggung jawab atas harta benda mereka. Jika Ada seorang remaja yang tumbuh dengan orang tua yang terlalu suka membantu, Ada mungkin merasa terbebani dengan banyaknya cara yang gunakan untuk belajar bagaimana bertanggung jawab. Ini bisa menjadi kurva pembelajaran yang curam karena Anda sekarang harus menciptakan kebiasaan baru agar bisa hidup sukses sendiri.

Bagaimana cara mengajari anak Anda tentang tanggung jawab pada diri sendiri. Jika Anda adalah orang tua dan ingin mengajari anak-anak Anda cara bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan harta bendanya, Berikut adalah tiga cara untuk membuat anak Anda mulai mengambil tanggung jawab atas dan tindakan atas kehidupan mereka.

1. Pekerjaan rumah tangga.

Anak-anak yang masih sangat kecil dapat membantu mengambil mainan dan barang-barang lainnya dan menyimpannya dengan bimbingan. Biarkan mereka membantu pekerjaan-pekerjaan kecil di sekitar rumah, seperti mengosongkan keranjang sampah. Mereka juga dapat membantu Anda menyortir cucian dan mencocokkan kaus kaki. Ketika Anda mulai mengajar anak-anak untuk membantu pekerjaan rumah sejak usia dini, mereka belajar bagaimana bertanggung jawab terhadap tempat tinggal mereka. Mereka juga belajar bahwa ketika semua orang yang tinggal di rumah membantu mengurus rumah — itu hanyalah bagian dari kehidupan. Melakukan pekerjaan rumah dan membantu pekerjaan rumah bukanlah sebuah hukuman.

2. Mengelola waktu mereka.

Ketika anak-anak Anda bertambah besar dan memasuki sekolah, berikan mereka rencana akademik sehingga mereka dapat belajar bagaimana bertanggung jawab atas tugas dan aktivitas kursus mereka. Rencana akademik diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan siswa untuk “melihat” waktu sibuk dan waktu luang mereka. Sistem ini mengajarkan siswa bagaimana bertanggung jawab merencanakan penggunaan waktu mereka sebaik-baiknya untuk menyelesaikan tugas sekolah. Ini menunjukkan kepada mereka kapan aktivitas lain dijadwalkan dan memungkinkan mereka merencanakan waktu bersama teman.

3. Mengelola uang.

Jika anak Anda menerima uang sebagai hadiah ulang tahun dan hari raya, ajari mereka cara menabung dengan memasukkan sebagian ke dalam rekening tabungan mereka. Ajari mereka bagaimana bertanggung jawab terhadap uang dengan menabung untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan. Buatlah toples tabungan khusus tempat mereka menaruh uang yang mereka peroleh dengan melakukan pekerjaan tambahan di rumah untuk Anda. Tolak membeli semua yang mereka inginkan. Keluarkan diri Anda dari peran sebagai orang tua serba bisa dan ajari anak Anda cara bertanggung jawab terhadap harta benda, waktu, dan uangnya.

Biarkan mereka melakukan kesalahan saat mereka masih dalam perawatan Anda. Hal ini akan menghasilkan generasi muda yang percaya diri dan memiliki keterampilan untuk hidup mandiri dengan sukses.

Berikut adalah 3 keterampilan hidup yang harus remaja pelajari tentang mengambil tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri.

1. Mengelola waktu Anda.

Terserah Anda untuk memikirkan bagaimana mengatur rutinitas pagi Anda. Anda memutuskan jam berapa Anda harus bangun di pagi hari. Tidak ada seorang pun yang mengingatkan Anda tentang jadwal Anda dan terus-menerus menunggu, mendorong Anda untuk bergegas dan bersiap-siap. Anda bertanggung jawab untuk mengatur waktu yang tersedia sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan rumah tangga, pekerjaan Anda, tiba di janji lebih awal atau tepat waktu, dan memiliki waktu untuk beristirahat dan bersantai.

2. Menata ruangan Anda.

Anda harus memutuskan bagaimana Anda ingin rumah Anda terlihat dan terasa. Apakah ini akan bebas dari kekacauan? Apakah Anda akan memajang karya seni, hobi Anda, atau barang koleksi lainnya? Di mana Anda ingin meletakkan barang-barang Anda, sehingga penataan di rumah Anda mudah dirawat dan berfungsi untuk Anda? Rumah Anda hanyalah itu — milik Anda. Pastikan itu mencerminkan Anda dan itu adalah tempat yang Anda inginkan.

3. Mengelola uang Anda.

Mempelajari cara bertanggung jawab mengelola uang adalah keterampilan penting lainnya. Anda mulai dengan membuat anggaran, memperhitungkan pengeluaran Anda, dan menyadari pentingnya menabung untuk masa depan. Mempelajari cara bertanggung jawab terhadap uang, ruang, dan waktu Anda akan mengurangi stres dan membuat Anda memegang kendali.

Populer video

Berita lainnya