Menemukan Kekuatan untuk Meninggalkan Hubungan yang Toxic

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: stock.adobe.com

Jika Anda tidak bisa tidak takut, jangan biarkan rasa takut menghentikan Anda. Tak ada yang lebih baik daripada rasa takut yang memacu adrenalin Anda, mempercepat pikiran Anda, dan mematikan Anda. Namun, “menghadapi ketakutan Anda” adalah hal yang menurut semua orang harus Anda lakukan jika Anda ingin benar-benar mengubah hal-hal negatif dalam hidup Anda. Bagaimana Anda menantang diri sendiri untuk melakukan sesuatu di luar zona nyaman Anda, atau mengubah hal-hal dalam hubungan atau pernikahan Anda ketika Anda takut tindakan Anda akan memperburuk keadaan? Bagi banyak wanita yang berada dalam hubungan yang toxic, ketakutan.

Wanita mengungkapkan bagaimana mereka akhirnya menemukan kekuatan untuk meninggalkan hubungan yang toxic:

1. Putuskan apakah itu benar-benar layak dilakukan

Saya mencoba untuk tulus dan memeriksa diri saya sendiri. Lalu jika saya memutuskan saya harus melakukannya, apa pun itu, saya akan melakukannya. Anda harus menyelamatkan satu-satunya nyawa yang bisa Anda selamatkan.”

2. Pekerjakan seorang profesional untuk mendapatkan bantuan

Bekerja dengan seorang yang membantu kita memahami ketakutan kita, tetapi juga keinginan kita yang sebenarnya, seperti betapa saya ingin kembali ke sekolah pascasarjana untuk fotografi. Terkadang Anda hanya perlu dorongan dari orang lain!”

3. Dapatkan perspektif

Ketika saya masih muda, saya mulai membaca buku-buku tentang Holocaust dan Primo Levi, bagaimana dia dan orang-orang Yahudi lainnya selamat dari penindasan dan penyiksaan yang luar biasa, berbaris atau bekerja berjam-jam di kamp konsentrasi, menyaksikan orang-orang yang mereka cintai dibunuh atau tidak pernah kembali. Saya memikirkan hal-hal yang harus saya lakukan! Saya pikir saya bisa melakukannya jika mereka harus melakukan hal yang jauh lebih buruk.

4. Bagilah rasa takut menjadi beberapa langkah

“Saya suka menghadapi rasa takut secara holistik, dan perlahan membongkarnya menjadi bagian-bagian kecil dan menyerangnya sedikit demi sedikit. Misalnya, saya mungkin mengatakan pada diri sendiri bahwa saya hanya akan fokus pada bagian keuangan saat ini, lalu saya tahu, akan lebih baik jika saya berbicara dengan orang di bidang keuangan yang dapat membantu saya memahami apa yang dipertaruhkan.

5. Bayangkan diri Anda sebagai seorang pejuang yang kuat

“Kau tahu perpisahan ini membuatku sering menangis. Namun latihan yang bermanfaat bagi saya adalah kembali ke masa ketika saya merasa kuat dalam hidup saya. Jadi menurut saya, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat menghadapi rasa takut: ingatlah ketika Anda telah menunjukkan kekuatan sebelumnya dan Anda dapat melakukannya lagi.

7. Tetap hadir

Mereka terus mengubah banyak hal pada diri saya, dan saya begadang di malam hari untuk membuat ulang presentasi saya untuk hari berikutnya, sambil berkata pada diri sendiri, ‘Ini adalah kesempatan saya.’ Dan saya berhasil! Ketika saya berhasil dan saya menyadari tidak ada yang membantu saya, saya telah melakukannya, itu adalah Momen Wonder Woman saya sendiri. Saya melakukannya dengan tetap hadir.”