Gaya Pengasuhan Paling Umum dan Cara Memastikan yang Terbaik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: stock.adobe.com

Membesarkan anak adalah salah satu tanggung jawab paling menantang yang dapat Anda ambil. Ada ratusan buku di luar sana untuk membantu Anda memilih dari semua jenis gaya pengasuhan yang berbeda. Namun pada akhirnya, Anda perlu mencari cara untuk menjadi orang tua terbaik dengan memanfaatkan sifat-sifat yang sudah Anda miliki. Cara Anda menjadi orang tua dapat memengaruhi kehidupan anak-anak Anda.

Anda perlu membesarkan mereka dengan cinta, kesabaran, dan batasan yang sesuai. Anda tidak sempurna, dan Anda akan membuat kesalahan. Jika Anda tetap sehat dan melakukan yang terbaik, kemungkinan besar anak Anda akan tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. Namun, jika Anda memiliki masalah serius yang belum terselesaikan dari orang tua, Anda akan meneruskan masalah yang sama kepada anak Anda. Namun jika Anda berada di jalur menuju penyembuhan, anak-anak Anda akan memiliki peluang yang lebih baik.

Gaya pengasuhan yang berbeda dan pro dan kontra masing-masing.

1. Gaya otoriter

Kaum otoriter memiliki tuntutan yang tinggi dan daya tanggap yang rendah. Bentuk pengasuhan ini adalah ketika orang tua bertanggung jawab dan memastikan anak mengikuti peraturan mereka. Ini sangat ketat.

Manfaat: Bentuk pengasuhan ini mempunyai tempat dalam keadaan darurat seperti menarik anak keluar dari kemacetan lalu lintas. Bisa jadi seperti menarik anak ke belakang ketika hendak menyentuh kompor panas. Inilah saatnya Anda harus berterus terang dan jelas.

Masalah: Menggunakan gaya pengasuhan ini terus-menerus dapat menurunkan kepercayaan diri anak Anda. Anda mengharapkan anak Anda untuk menurut secara membabi buta. Dengan demikian, anak-anak Anda tidak pernah belajar mengapa pilihan tertentu lebih baik daripada pilihan lainnya.

Pola asuh seperti ini tidak memberikan ruang bagi anak untuk belajar bagaimana membuat pilihan sendiri. Gaya Anda mungkin mendorong mereka untuk melakukan hal sebaliknya karena mereka bosan diberi tahu apa yang harus dilakukan. Menggunakan model pengasuhan yang keras seperti ini sepanjang waktu akan menghancurkan harga diri anak karena Anda menunjukkan bahwa mereka tidak dapat dipercaya. Kita semua, termasuk anak-anak, belajar sebaik-baiknya dari melakukan kesalahan. Banyak anak yang takut melakukan kesalahan karena takut menyinggung perasaan Ayah dan Ibu.

2. Gaya berwibawa

Pola asuh otoritatif ditandai dengan daya tanggap yang tinggi terhadap kebutuhan anak sekaligus memiliki standar yang tinggi. Jika Anda adalah orang tua yang berwibawa, Anda memperhatikan kebutuhan anak Anda sambil menetapkan batasan jelas yang terus Anda perkuat.

Manfaat: Ada banyak manfaat dari pola asuh otoritatif. Anak adalah anak yang bahagia, mandiri, mempunyai keterampilan sosial yang sangat baik, pengaturan emosi yang baik, dan pengendalian diri.

Masalah: Tampaknya tidak ada masalah yang dilaporkan pada bentuk pengasuhan anak ini.

3. Gaya permisif

Pola asuh permisif dapat mencakup tuntutan yang rendah dan daya tanggap yang tinggi. Pola asuh seperti ini memiliki sedikit aturan untuk anak-anaknya. Mereka akan cenderung mengikuti apa pun yang diinginkan anak-anaknya.

Manfaat: Anak Anda akan memiliki banyak kebebasan untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan. Anda akan memberi anak Anda apa saja yang mereka inginkan jika Anda punya uang untuk melakukannya. Anak-anak Anda tahu bahwa mereka dicintai. Mereka memiliki banyak contoh tentang orang tua yang melakukan hal-hal baik untuk mereka.

Masalah: Masalahnya adalah anak-anak ini tidak pernah ditantang atas perilaku tidak pantas mereka. Mereka tidak mengetahui batasan mereka. Beberapa akan bertindak untuk mencoba menemukan batasan mereka, karena batasan adalah sesuatu yang didambakan anak-anak.

4. Gaya tidak terlibat

Pola asuh yang tidak terlibat memiliki tuntutan yang rendah dan daya tanggap yang rendah. Pola asuh seperti ini tidak banyak memberikan tuntutan pada anak, mengabaikan kebutuhan anak, dan sering kali mengabaikan sepenuhnya.

Manfaat: Anak Anda akan mendapat banyak kebebasan.

Masalah: Jika Anda menerapkan pola asuh seperti ini, Anda akan menempatkan anak Anda pada risiko yang signifikan. Anda menawarkan sedikit pengawasan kepada anak-anak Anda. Anda secara emosional jauh dari anak-anak Anda. Anda memiliki sedikit harapan atau tuntutan untuk berperilaku. Anda gagal hadir pada wawancara orang tua anak di sekolah. Jika Anda mengasuh anak seperti ini, kemungkinan besar Anda terjebak dalam masalah Anda dan tidak bisa mendampingi anak Anda.

Jadi bagaimana Anda dapat menggunakan pengetahuan Anda tentang gaya pengasuhan ini untuk menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak Anda? Berikut langkah-langkah yang harus diambil:

1. Waspadai masalah Anda sendiri

Anda harus mengambil tanggung jawab 100 persen untuk diri Anda sendiri. Anda adalah satu-satunya yang dapat mengubah perilaku Anda. Langkah pertama adalah menjadi sadar diri. Ini adalah belajar mengamati diri sendiri dalam tindakan; tidak mudah dipelajari, tetapi bukan tidak mungkin. Mempelajari kesadaran diri berarti memperlambat. Untuk menemukan cara menenangkan pikiran sehingga Anda bisa hadir semaksimal mungkin. Ada banyak cara untuk melakukannya, termasuk meditasi, berdoa, yoga, tai chi, pijat, jalan kaki, berkebun, dan apa pun yang membantu Anda menenangkan diri.

2. Bersikaplah fleksibel dalam mencoba gaya pengasuhan yang berbeda

Model otoritatif adalah yang terbaik. Namun, Anda akan menemukan cara Anda sendiri dalam mengasuh anak Anda. Akan ada saatnya Anda harus bersikap otoriter ketika anak Anda dalam bahaya. Akan ada saat-saat ketika Anda bersikap permisif pada hari Anda kelelahan. Pada hari-hari yang sulit, Anda akan mengalami saat-saat menjadi orang tua yang tidak terlibat. Yang penting adalah Anda mencoba untuk tetap menggunakan model otoritatif. Tidak ada satu pun bentuk murni dari model ini. Yang penting adalah menjaga keseimbangan dalam bersikap tanggap terhadap kebutuhan anak-anak Anda sekaligus menciptakan batasan yang jelas dan aman.

3. Pastikan anak Anda tahu bahwa Anda menyayangi mereka

Apa pun gaya yang Anda gunakan, anak Anda perlu tahu bahwa dia dicintai. Anda perlu menunjukkannya melalui kata-kata, tindakan, dan melalui sentuhan yang tepat. Seorang anak yang mengetahui bahwa dirinya sangat dicintai akan mampu menghadapi banyak tantangan tanpa merasa terluka parah.

4. Anda mengenali kebutuhan Anda sendiri

Kamu tidak sempurna. Anda akan membuat kesalahan. Belajarlah dari mereka. Jika Anda merasa khawatir dengan cara Anda mengasuh anak atau mengkhawatirkan anak-anak Anda, carilah bantuan keluarga, teman, pemimpin agama, dan profesional. Mendapatkan bantuan adalah tanda kekuatan dan keberanian. Jangan percaya siapa pun yang memberi tahu Anda bahwa itu adalah tanda kelemahan. Mengasuh anak mungkin adalah pekerjaan paling penting yang pernah Anda lakukan. Model pengasuhan otoritatif adalah yang paling sehat karena merupakan keseimbangan antara berada di sisi anak dan memberi mereka batasan yang sehat.