Menjelajahi Surga Oleh-Oleh Jogja, Rekomendasi yang Tak Terlupakan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: Pexels
ilustrasi by pexels

Yogyakarta, kota penuh budaya dan sejarah, tak hanya menyimpan pesona wisata yang memukau, tapi juga memanjakan lidah dengan berbagai kuliner khas. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Jogja tanpa membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi oleh-oleh khas Jogja selain bakpia yang sudah mendunia, artikel ini hadir untuk membantu. Berikut daftar oleh-oleh unik dan lezat yang wajib dicoba

1. Gudeg: Cita Rasa Manis dan Gurih yang Melegenda

Gudeg, hidangan berbahan dasar nangka muda yang dimasak santan, adalah ikon kuliner Jogja yang tak boleh dilewatkan. Rasa manis dan gurihnya yang khas mampu menggoyang lidah dan membangkitkan selera makan. Gudeg dapat dinikmati langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Tips: Pilih gudeg basah untuk dinikmati langsung, atau gudeg kering untuk oleh-oleh tahan lama.

2. Geplak: Manis Legit yang Menyentuh Hati

Geplak, terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, dan nangka, adalah camilan tradisional yang melegenda. Teksturnya kenyal dan rasa manis legitnya yang khas menjadikannya favorit banyak orang. Geplak tersedia dalam berbagai rasa dan bentuk, menjadikannya pilihan oleh-oleh yang unik.

Tips: Pilih geplak yang padat dan tidak lengket untuk oleh-oleh.

3. Yangko: Perpaduan Unik Tekstur dan Rasa

Yangko, terbuat dari tepung beras ketan, gula, dan santan, memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang khas. Perpaduan tekstur dan rasa ini menjadikannya camilan yang tak terlupakan. Yangko tersedia dalam berbagai warna dan rasa, seperti pandan, durian, dan coklat.

Tips: Pilih yangko yang kenyal dan tidak keras untuk oleh-oleh.

4. Keripik Belut: Sensasi Gurih Unik yang Menarik

Keripik belut, terbuat dari belut goreng yang renyah, adalah pilihan oleh-oleh yang unik dan kaya protein. Rasanya gurih dan sedikit pedas, cocok bagi pecinta sensasi rasa baru. Keripik belut mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Jogja.

Tips: Pilih keripik belut yang renyah dan tidak berminyak untuk oleh-oleh.

5. Cokelat Monggo: Sentuhan Cokelat Lokal yang Berkelas

Cokelat Monggo, diproduksi oleh Koperasi Cokelat Monggo, menawarkan berbagai varian cokelat dengan kualitas premium. Cokelat Monggo terkenal dengan rasa yang kaya dan bahan-bahan lokal yang berkualitas. Pilihan rasa yang beragam, seperti dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate, menjadikannya oleh-oleh yang istimewa.

Tips: Pilih cokelat Monggo sesuai selera dan perhatikan tanggal kadaluarsanya.

6. Batik Yogyakarta: Karya Seni yang Memukau

Batik Yogyakarta, dengan motif dan warna yang khas, merupakan warisan budaya yang tak ternilai. Batik tersedia dalam berbagai bentuk, seperti kain, baju, dan aksesoris, menjadikannya oleh-oleh yang bernilai seni tinggi.

Tips: Pilih batik dengan motif dan warna yang Anda sukai dan pastikan kualitas kainnya bagus.

7. Kerajinan Tangan: Sentuhan Seni yang Unik

Yogyakarta terkenal dengan kerajinan tangan yang beragam, seperti wayang kulit, gerabah, dan perak. Kerajinan tangan ini memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi, menjadikannya oleh-oleh yang unik dan berkesan. Pilihlah kerajinan tangan yang sesuai dengan selera Anda dan pastikan kualitasnya baik.

Tips: Belilah kerajinan tangan dari toko terpercaya untuk memastikan keaslian dan kualitasnya.

Yogyakarta menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh yang tak hanya lezat, tapi juga bernilai seni dan budaya. Dengan menjelajahi rekomendasi di atas, Anda dapat menemukan oleh-oleh yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Bawa pulang rasa Jogja dan ciptakan kenangan indah bersama orang-orang terkasih.

Populer video

Berita lainnya