Robby Purba Akhirnya Meminta Maaf Kisah di Balik Kontroversi Video Penyiksaan Hewan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by Instagram

Presenter dan MC terkenal, Robby Purba, akhirnya meminta maaf kepada netizen dan Nasarius, seorang sekuriti dari vendor K9 yang dipecat setelah video penyiksaan hewan di Plaza Indonesia yang diunggah ulang oleh Robby menjadi viral. Pada Minggu malam, 9 Juni 2024, melalui video di akun Instagramnya, Robby memperlihatkan wajah penuh penyesalan.

Robby memulai video tersebut dengan membuka ruang bagi netizen untuk memberikan tanggapan dan kritik kepadanya. “Video ini aku buat tanpa skrip, paksaan, atau permintaan dari mana pun,” ungkapnya. Ia mengaku sangat menyesal telah menyebabkan seseorang kehilangan pekerjaannya tanpa melakukan pengecekan fakta terlebih dahulu.

Kontroversi ini bermula dari video penyiksaan terhadap Fay, seekor anjing Belgian Malinois di Plaza Indonesia, yang diunggah ulang oleh Robby dari akun MUA, Marlene Hariman, pada Kamis, 6 Juni 2024. Dalam video tersebut, seorang petugas keamanan terlihat memukul anjing itu berulang kali. “Hallo @plazaindonesia. Ini tolong dong security-nya ditatar! Kenapa anjing itu dipukul? Kenapa harus kasar begitu?” tulis Robby di akun Instagramnya. Video itu kemudian dihapus setelah mendapat hujatan dari netizen dan sesama selebritas, seperti Nikita Mirzani.

Setelah video tersebut viral, Plaza Indonesia merespons dengan menghentikan kontrak kerja sama dengan vendor sekuriti K9. Nasarius, sekuriti yang terlibat dalam pemukulan tersebut, juga dipecat. Dalam sebuah video, Nasarius meminta maaf dan menjelaskan bahwa pemukulan itu dilakukan untuk menghentikan perilaku anjing yang menyerang seekor kucing kecil.

Namun, sebuah video lain yang beredar menunjukkan Fay menyerang kucing kecil tersebut, menimbulkan kontroversi lebih lanjut. Akibatnya, Robby mendapatkan kecaman karena dianggap telah menyebabkan seseorang kehilangan pekerjaannya. Awalnya, Robby tetap bersikeras dengan pendapatnya. Ia bahkan menunjukkan analisa yang menyatakan bahwa serangan anjing dan pemukulan oleh Nasarius terjadi di tempat yang berbeda. Ia malah menantang balik netizen yang menghujatnya, “Dari semua bully-an kalian, aku tetap tersenyum. Bukan karena aku suka dibully, tapi teman-teman yang ngebully aku dari kemarin, janji jangan hapus komennya ya. Tetap santai, tetap chill ya. Apalagi sekarang polisi sudah turun tangan. Kalau aku salah, masak aku senyum-senyum polisi turun tangan? Malah aku kasihan sama si bapak,” ucapnya pada unggahan video pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Namun, seiring berjalannya waktu, Robby mulai menyadari kesalahannya. Host X Factor Indonesia ini akhirnya mengakui bahwa tindakannya telah merugikan banyak pihak, terutama Nasarius yang harus kehilangan pekerjaannya. “Kalaupun apa yang kulakukan kemarin seperti tidak memanusiakan manusia, aku mohon maaf sekali,” ujarnya dengan nada penuh penyesalan. “Aku bukan seperti itu, namun jika aksi aku menyiratkan hal itu, aku minta maaf.”

Dengan permintaan maafnya ini, Robby Purba berharap bisa menebus kesalahannya dan belajar untuk lebih berhati-hati dalam menyikapi isu sensitif di masa mendatang.