Kangen Deso, Lagu Letto yang Jadi Anthem LDR untuk Wong Jowo dan Seluruh Warga Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by: Official Youtube of Letto Band

Siapa yang tidak mengenal group band Letto? Lagunya banyak diperdendangkan ketika era 2000an, juga dikenal karena beberapa lagunya dijadikan soundtrack beberapa sinetron yang tayang pada era tersebut. 

Sebelum Cahaya, Ruang Rindu dan Permintaan Hati menjadi lagu hits yang membawa nama Letto tersebar di seluruh Indonesia. Ketika itu, Letto masih tergabung dalam label musik Musica Studios dan kerap kali merajai tangga lagu di beberapa acara musik.

Hingga kini Letto tidak pernah berhenti berkarya dan masih terus hadir untuk para fans-nya. Memutuskan untuk lepas dari lebel musik resmi, para bapak-bapak dari Letto tetap konsisten dalam berkarya. 

Jogja menjadi provinsi di mana group band ini terbentuk dan para personelnya berasal. Maka dari itu, kita akan terbiasa mendengar logat Jawa yang begitu kental dari para personelnya. Karena asal mereka ini juga, mereka pun merilis lagu berbahasa jawa yang berjudul Kangen Deso.

Lagu Kangen Deso dirilis sekitar 5 tahun yang lalu, yakni sekitar tahun 2019. Lagu ini total menggunakan Bahasa Jawa sebagai penghantarnya dan menceritakan tentang perantau yang merindukan kota kelahirannya. Kita juga sudah dapat menjumpai video clip-nya di kanal youtube resmi band ini.

Bahasa Jawa yang begitu sopan terasa di telinga dan nuansa musik yang sangat Indonesia dengan memberikan aksen cengkok dan nada-nada tradisional Jawa, membuat lagu ini cocok didengerin sama siapa saja. Jangan khawatir tentang liriknya yang mungkin tidak semua orang memahami Bahasa Jawa, pada video clip-nya bapak-bapak Letto sudah memberikan arti dalam Bahasa Indonesia. 

Menariknya lagi, lagu ini tidak hanya dinyanyikan oleh Pak Sabrang atau Noe sebagai vokalis, tapi vocal dari lagu ini diisi oleh semua personel. Dalam perayaan ulang tahunnya yang ke-20 yang diadakan di Malaysia, lagu ini dinyanyikan bersama oleh semua personel.

Karena judulnya yang Kangen Deso, atau merindukan tanah kelahiran, tentu lagu ini cocok banget menjadi lagu kebangsaan para kaum perantau ataupun yang sedang menjalankan hubungan LDR. Kalian bisa mendengarkan lagu ini di beberapa platform musik digital, seperti spotify dan menonton video musiknya di kanal youtube resmi dari Band Letto.

Populer video

Berita lainnya