Nggak Ada yang Namanya Telat Nikah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
I am not married (by canvapro)

Yo lur, pernah kepikiran nggak sih, tentang urusan nikah? Kebanyakan orang sering banget ngerasa kepo tentang ini. Ada yang kayak ngerasa telat banget kalo umur udah 30-an tapi masih single. Tapi, percayalah, gak ada yang namanya telat nikah.

Banyak orang masih ada aja yang mikir kalau umur udah mau 30-an atau lebih, trus belum nikah, pasti ada yang ngira kita ada masalah. Kayaknya, ada stigma gitu, ya, kalau belum menikah di usia segitu pasti ada yang kurang atau jelek. Padahal, hal itu cuma mitos, lur. Gak ada hubungannya sama sekali antara umur sama kesuksesan atau kebahagiaan dalam berumah tangga.

Banyak faktor yang memengaruhi seseorang untuk menikah atau belum. Mungkin aja, kamu lagi fokus banget sama karier atau pengembangan diri. Atau mungkin belum nemu yang cocok buat kamu. Atau bahkan mungkin, kamu lagi menikmati masa lajangmu tanpa harus terburu-buru masuk dalam komitmen yang besar.

Nikah tuh, bukan kompetisi, lur. Kamu gak bakal kalah atau menang kalo nikah muda atau telat. Yang penting, kamu siap secara emosional, finansial, dan tentunya, kamu menemukan orang yang bener-bener kamu cinta dan cocok untuk menemani hidup kamu. Nikah itu soal kesiapan, bukan soal umur.

Ini Penting Lur

Jangan pernah merasa down atau minder kalo liat temen-temen seumuran udah pada nikah. Ini hidup kamu, bukan hidup mereka. Setiap orang punya jalannya sendiri-sendiri, dan kita semua berjalan pada kecepatan yang berbeda. Jadi, jangan terlalu membanding-bandingkan hidupmu sama hidup orang lain.

Kamu juga punya hak untuk menunggu pasangan yang tepat. Jangan buru-buru nikah cuma karena kamu merasa udah waktunya. Ketika kamu menemukan seseorang yang benar-benar membuat hatimu bahagia, itu yang namanya tepat. Bukan masalah umur, bukan masalah tekanan sosial, tapi masalah hati dan kesiapan.

Dan ingat, kebahagiaan gak datang dari seberapa cepat kamu menikah, tapi dari seberapa bahagiamu dalam perjalanan hidupmu, termasuk dalam menemukan pasangan hidup. Jadi, chill out, lur. Nikmati setiap detik kehidupanmu dan percayalah, gak ada yang namanya telat nikah. Semuanya akan indah pada waktunya.

Populer video

Berita lainnya