Hindari Kebiasaan Ini saat Puasa Agar Tubuh tak Lemas

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi tidur di saat puasa (Foto: IST)

Celebrithink.com – Berpuasa boleh menjadikan bermalas-malasan karena alasan lemas sehingga tak beraktivitas. Puasa sepatutnya membuat kita lebih bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari, ketimbang terus tidur seharian.

Oleh karena ituz perlunya menghindari kebiasaan yang membuat tubuh lemas, sehingga puasa menjadi lebih semangat. Berikut kebiasaan yang bikin lemas saat puasa:

Kebanyakan tidur

Kebiasaan saat puasa yang bikin lemas dan perlu kita kurangi adalah kebanyakan tidur. Pasalnya, memilih buat banyak tidur seharian bukan bikin badan tambah segar, tapi justru bikin tubuh jadi makin lemas.

Melewatkan sahur

Susah bangun subuh saat puasa kerap kali bikin seseorang jadi melewatkan waktu sahur. Padahal kebiasaan ini membuat tubuh akan bertambah lemas.

Melewatkan sahur menyebabkan tubuh, tidak mendapat nutrisi yang cukup, terlebih air. Alhasil tubuh menjadi lemas dan susah berkonsentrasi atau fokus seharian. Jangan lupa minum penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih saat sahur.

Tidur sebentar setelah sahur

Tidur setelah sahur yang biasanya hanya sebentar juga bikin pusing. Daripada langsung tidur setelah sahur, lebih baik kita majukan jam tidur kita di malam hari.

Memajukan jam tidur membuat kita bisa bangun tepat waktu buat sahur dan enggak terlalu mengantuk setelahnya.

Makan terlalu banyak saat sahur

Kebanyakan orang menyantap sahur dalam porsi banyak agar tidak lapar saat puasa seharian. Tapi kenyataannya kebiasaan ini malah bikin tubuh tambah lemas. Bahkan bisa merasa mual akibat makan kekenyangan, terlebih jika setelah sahur langsung tidur.

Bermalas-malasan

Hindari kebiasaan bermalas-malaaan. Pasalnya tubuh yang aktif bergerak membuat sirkulasi darah di tubuh jadi lancar dan tubuh jadi lebih segar.

Dari pada bermalas-malasan, lakukanlah aktivitas fisik ringan biar banyak gerak dan berkeringat. Misalnya dengan membantu membersihkan rumah, rapi-rapi kamar atau beres-beres halaman.

Populer video

Berita lainnya