Menu Sahur Pengganti Nasi yang Bikin Tahan Kenyang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/yellow-fruit-on-brown-wooden-table-eLSmoVXKdF8?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Ketika Ramadhan dan harus berpuasa selama satu bulan, menu sahur sering kali jatuh kepada makanan berupa nasi. Selain karena menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia, nasi juga dipercaya membuat perut kenyang lebih lama dan puasa pun dapat bertahan hingga sore hari.

Tapi, tahukah Anda? Ada beberapa jenis makanan pengganti nasi yang dapat membuat Anda terjaga dan bersemangat saat sedang berpuasa? Malah beberapa jenis makanan ini mengandung protein yang lebih tinggi, dibandingkan nasi yang terkadang menyebabkan kantuk karena kandungan karbohidrat dan gulanya.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan pengganti nasi yang dapat Anda konsumsi saat sahur dan membuat Anda semangat beraktivitas selama Bulan Ramadhan.

  • Oatmeal

Mengkonsumsi oatmeal saat sahur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal mengandung sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat larut. Karena itu, oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam batas normal. Selain karena kaya akan kandungan yang dibutuhkan tubuh, oatmeal juga menjadi makanan praktis yang dikonsumsi pada saat sahur, karena Anda hanya tinggal menyeduh dengan air panas dan tambahkan topping kesukaan Anda, seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

  • Sandwich telur kornet

Menu sandwich dapat menjadi pilihan makanan Anda pada saat sahur karena memberikan rasa yang lengkap dalam satu gigitan. Membuatnya pun tidak sulit, Anda hanya memerlukan bahan seperti roti tawar, telur, kornet dan selada. Telur dan kornet mengandung protein dan zat besi yang dapat memengaruhi rasa kenyang Anda menjadi tahan lebih lama.

  • Salad Kentang

Kentang merupakan bahan pangan yang mengandung karbohidrat, selain nasi putih. Olahan salad kentang dapat menjadi menu sahur Anda karena proses pembuatannya yang juga praktis. Untuk saosnya pun Anda dapat membelinya di supermarket terdekat, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuatnya. Sebagai pelengkap, Anda dapat menambahkan telur rebus sebagai sumber protein utama dan sayur-sayuran lainnya, seperti selada dan tomat sebagai sumber serat.

  • Umbi-umbian

Tahukah Anda bahwa umbi-umbian dapat menjadi makanan pokok pengganti nasi? Anda dapat mengkonsumsi ubi, singkong, maupun jagung hanya dengan direbus. Ini sangat praktis dan bahan pangan tersebut sudah memiliki rasa khasnya masing-masing, sehingga Anda tidak perlu untuk menambahkan bumbu apapun.

Populer video

Berita lainnya