Tips Sederhana Mengatasi Anyang-anyangan di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Anyang anyangan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anyang-anyangan terjadi ketika seseorang merasakan sensasi terbakar atau perih sesaat atau sesudah buang air kecil. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, atau pria yang berusia lanjut.

Anyang-anyangan bisa jadi indikasi infeksi saluran kemih atau masalah kesehatan lainnya. Secara medis, pengobatan untuk mengatasi anyang-anyangan akan bervariasi, tergantung dari penyebabnya.

Jika kondisi ini terjadi karena iritasi kulit, biasanya dokter akan menganjurkan pengidapnya untuk menghindari penggunaan produk penyebab iritasi. Seperti tisu kasar atau sabun dengan kandungan yang keras.

Anda juga dapat mencoba berbagai obat untuk mengatasi anyang-anyangan. Guna meredakan rasa sakitnya, terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Melansir laman Halodoc, berikut penjelasannya:

Lebih banyak minum air

Anyang- anyangan sering kali terjadi karena infeksi saluran kemih. Maka itu, minumlah lebih banyak air putih atau minuman rendah gula non-karbonasi lainnya yang dapat membantu mengencerkan urine dan membuang bakteri dari kandung kemih.

Konsumsi obat antiinflamasi

Salah satu perawatan di rumah untuk mengatasi rasa nyeri disuria yang dapat kamu lakukan adalah dengan konsumsi obat antiinflamasi yang dijual bebas seperti ibuprofen.

Batasi makanan yang dapat mengiritasi kandung kemih

Beberapa jenis makanan yang asam seperti buah jeruk, makanan pedas, cokelat dapat mengiritasi kandung kemih. Maka itu, penting untuk membatasi beberapa konsumsi makanan tersebut agar dapat meredakan gejala anyang-anyangan.

Bersihkan organ intim dengan benar

Wanita lebih rentan terserang masalah saluran kemih ketimbang pria. Maka dari itu, cobalah untuk selalu membersihkan saluran kencing dari arah depan ke belakang.

Hal ini untuk mengurangi perpindahan bakteri (belakang) dari anus ke saluran kencing (depan). Selain itu, hindarilah memberishkan vagina dengan menyemprotkan cairan ke dalamnya (douching).

Jangan menahan buang air kecil

Anyang-anyangan memang dapat membuat buang air kecil terasa sakit. Namun, menahan buang air kecil justru dapat membuat kondisi memburuk. Sebab, hal itu bisa menyebabkan bakteri mudah berkembang biak di sistem kemih.

Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaatnya adalah menangkal bakteri dan meningkatkan sistem imun tubuh. Itulah mengonsumsi the jahe atau suplemen jahe bisa menjauhkan disuria.

Vitamin C

Vitamin C bisa meningkatkan sistem kekebalan dengan cara mendorong produksi sel darah putih. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi tersebut, seperti jambu merah, kiwi, cabai merah, paprika, bisa memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi.

Populer video

Berita lainnya