Ragam Manfaat Permen Karet yang Sayang untuk Dilewatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Mengunyah Permen Karet
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengonsumsi permen karet disebut-sebut memiliki manfaat bagi kesehatan. Teritama permen karet yang bebas gula, yang kadar gula di dalamnya kurang dari 0,5 gram.

Sementara mengonsumsi permen karet yang mengandung gula atau zat aditif lain dalam jumlah berlebihan, seperti BHT (Butylated Hydroxytoluene), aspartam, dan titanium dioksida, sebaiknya dibatasi karena dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Tapi perlu diingat, permen karet dirancang untuk dikunyah dan bukan untuk ditelan. Melanir laman Alodokter, berikut ini ragam manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan.

Mengurangi stres

Sebuah riset menunjukkan bahwa permen karet dapat membantu mengatasi stres. Riset menyebutkan orang yang mengunyah permen karet ketika sedang merasa cemas dan stres, akan menjadi lebih tenang dan bisa konsentrasi dengan lebih baik. Sebab, aktivitas mengunyah permen karet dapat membantu menurunkan hormon stres, seperti kortisol.

Bantu menjaga kesehatan mulut dan gigi

Permen karet bebas gula bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Riset menunjukkan orang yang rutin mengunyah permen karet bebas gula terlihat memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami gigi berlubang.

Saat mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat sehingga membantu membersihkan gigi dan mulut dari bakteri dan sisa-sisa makanan.

Namun perlu diingat, permen karet tak dapat menggantikan fungsi dari menyikat gigi. Anda tetap harus rutin menyikat gigi 2 kali sehari, guna menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut.

Membantu menurunkan berat badan

Mengunyah permen karet bisa membantu mengurangi rasa lapar dan membuat nafsu makan lebih terkontrol, serta mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan secara berlebih. Ini menjadikan manfaat permen karet baik untuk membantu mengontrol atau menurunkan berat badan.

Namun untuk memperoleh berat badan ideal, Anda juga perlu melakukan cara lain, seperti menjaga pola makan tetap sehat, minum air putih yang cukup, dan berolahraga secara rutin.

Mencegah infeksi telinga pada anak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi permen karet dengan kandungan xylitol berisiko lebih rendah untuk terkena infeksi telinga. Ini diduga karena kebiasaan mengunyah permen karet membantu membuat rahang anak lebih kuat, serta melapangkan tuba eustachius dan liang telinga anak.

Mengencangkan otot wajah

Selain memperkuat rahang, kebiasaan mengunyah permen diduga bisa membantu mengencangkan otot-otot wajah. Namun, ini bukan berarti permen karet bisa membuat bentuk wajah Anda menjadi tirus seketika.

Sebab bentuk wajah umumnya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti faktor genetik dan berat badan.

Populer video

Berita lainnya