Cara Atasi Gigi Sensitif dengan Bahan Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Gigi Sensitif
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gigi sensitif dapat membuat penderitanya merasa nyeri dan ngilu hingga ke akar gigi. Kondisi tersebut biasanya muncul ketika makan atau minum yang bersuhu terlalu panas atau dingin.

Kebiasaan yang bisa merusak enamel atau lapisan terluar gigi, seperti menyikat gigi terlalu keras, bisa menjadi penyebab gigi ngilu dan nyeri saat beraktivitas. Selain itu, masalah kesehatan pada gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau penyakit gusi, juga dapat menimbulkan rasa ngilu setiap kali makan atau minum.

Untuk mengatasi masalah gigi sensitif, Anda bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang tersedia di rumah. Melansir laman Hellosehat, simak ulasan berikut ini.

Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara alami meredakan ngilu akibat gigi sensitif. Sebuah studi menyebutkan, berkumur air garam sama efektifnya dengan obat kumur chlorhexidine.

Air garam juga bisa membantu mengurangi jumlah plak pada gigi. Perlu diketahui bahwa plak dapat menyebabkan kerusakan gigi. Lama-kelamaan, gigi yang rusak karena plak bisa menjadi sensitif.

Minyak kelapa

Teknik oil pulling dengan minyak kelapa dalam praktik pengobatan tradisional dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ngilu di rongga mulut. Kandungan minyak kelapa membantu membersihkan bakteri dan plak yang menimbulkan radang gusi. Keduanya memang merupakan penyebab gigi sensitif.

Selain itu, minyak kelapa juga digunakan sebagai obat herbal untuk gigi sensitif, lamtaran memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu meredakan peradangan.

Bawang putih

Mengunyah bawang putih mentah akan membantu mengeluarkan senyawa allicin di dalamnya. Cara ini dinilai dapat mengatasi gigi sensitif secara alami. Ini karena allicin memiliki sifat antimikroba yang membantu membunuh bakteri penyebab penyakit gigi dan mulut.

Kapsaisin

Kapsaisin adalah senyawa alami di dalam cabai yang menimbulkan sensasi pedas pada mulut. Sebuah studi menyebutkan bahwa mengoleskan kapsaisin dalam bentuk gel bisa membantu meredakan beberapa jenis rasa sakit.

Para peneliti belum tahu pasti cara kerjanya. Namun, mereka percaya kapsaisin dapat membuat kebas jaringan saraf sehingga mengurangi nyeri.

Bubuk kunyit

Kandungan senyawa kurkumin dalam kunyit dikenal karena efek anti-inflamasinya. Oleh sebabnya, kunyit digunakan turun-temurun untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh.

Sebuah penelitian menyebutkan manfaat ekstrak kunyit sama efektifnya dengan ibuprofen untuk meredakan nyeri akibat osteoarthritis akut. Berkat efek ini, kunyit juga dipercaya sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri akibat gigi sensitif.

Populer video

Berita lainnya