Ketahui Cara Menambah Nafsu Makan untuk Menaikkan Berat Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menimbang Berat Badan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Hilang nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya cemas, stres, atau penyakit tertentu. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini akan membuat berat badan kurang dari normal dan meningkatkan risiko Anda terkena gangguan kesehatan.

Ada beberapa langkah untuk menambah nafsu makan secara alami yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu, Anda mendapatkan berat badan ideal dan kesehatan tubuh pun tetap terjaga. Melansir laman Alodokter, ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengatur pola makan sehari-hari.

Jangan pernah tinggalkan sarapan

Sarapan sehat tidak hanya dapat memberi Anda tenaga untuk mengawali hari, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh. Sarapan bisa memicu metabolisme, sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih banyak dalam sehari. Semakin banyak kalori yang terbakar, semakin besar pula nafsu makan Anda.

Siapkan makanan kesukaan

Nafsu makan akan lebih mudah timbul jika ada makanan yang Anda sukai. Oleh karena itu, selalu siapkan makanan kesukaan Anda sehingga tidak ada alasan untuk menunda atau melewatkan waktu makan.

Makan dengan porsi kecil dan lebih sering

Makan sebanyak 3 kali sehari dengan porsi besar sekaligus, sering membuat nafsu makan berkurang. Pada kondisi ini, Anda akan merasa perut menjadi cepat penuh dan nafsu makan menurun.

Untuk menambah nafsu makan, cobalah untuk lebih sering makan, misalnya 5–6 kali sehari, tetapi dengan porsi yang lebih sedikit.

Pilih camilan yang sehat

Camilan dapat menjadi solusi menambah nafsu makan. Namun, pilih camilan sehat yang tinggi kalori dan rendah lemak jenuh, seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Selain mengonsumsi camilan, Anda juga disarankan memperbanyak minum susu terutama sebelum tidur. Dengan begitu, kalori harian Anda bisa terpenuhi dengan optimal.

Hindari terlalu banyak serat

Dalam memproses makanan yang kaya serat seperti sayuran, buah, atau gandum, tubuh butuh waktu lebih lama dibandingkan untuk mencerna makanan lain. Selain itu, Anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga cenderung tidak ingin makan lagi. Oleh karena itu, sebisa mungkin batasi konsumsi makanan tinggi serat.

Populer video

Berita lainnya