Kenali Ciri Silent Treatment dalam Sebuah Hubungan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Trik Hadapi Pacar Ngambek
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak istilah yang muncul dalam sebuah hubungan. Salah satunya Silent Treatment, sebuah sikap menghindar atau mengabaikan seseorang, baik disengajat atau tidak. Sikap ini biasanya berupa penolakan untuk berkomunikasi secara lisan atau mengakui orang lain. 

Biasanya silent treatment terlihat dalam sebuah hubuhan romantis. Tapi juga bisa terjadi dengan teman dan keluarga. Secara umum, silent treatment adalah taktik manipulasi yang dapat membuat masalah penting dalam hubungan tidak terselesaikan. 

Sikap ini dapat membuat pasangan yang menerima perilaku silent treatment merasa tidak berharga, tidak dicintai, terluka, bingung, frustrasi, dan marah. Perlakuan ini mungkin sulit teridentifikasi, karena tidak meninggalkan tanda kekerasan fisik. Melansir laman Halodoc, berikut ciri-ciri silent treatment yang perlu dikenali.

Menggunakan diam untuk menyakiti

Ciri pertama silent treatment adalah pasangan Anda mungkin memilih diam dengan maksud hendak menyakiti perasaan Anda. Misalnya, ia menolak untuk berdiskusi secara sehat.

Tidak berbicara dalam waktu lama

Pasangan menolak berbicara dengan Anda untuk waktu yang lama. Mungkin bisa berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu, dan berhenti hanya jika Anda meminta maaf terlebih dahulu.

Mengabaikan Anda dengan sengaja

Ciri berikutnya adalah pasangan mengabaikan Anda. Ia mungkin berbicara dengan orang lain secara normal, tapi mulai menolak Anda dalam percakapan.

Menyalahkan Anda karena sikap diamnya

Pasangan mungkin menggunakan keheningan untuk membuat Anda merasa bersalah atas perilakunya, atau membuat Anda merasa pantas menerima perlakuannya.

Memanipulasi lewat keheningan

Pasangan menggunakan diam sebagai alat untuk memanipulasi perilakumu. Ia dengan memaksa mempengaruhi keputusan Anda melalui diam agar sesuai dengan keinginannya.

Gunakan keheningan untuk hindari tanggungjawab

Pasangan mungkin menutup diri ketika Anda menunjukkan perilaku negatifnya. Dengan begini, ia dapat menghindari tanggung jawab apapun atas tindakannya. 

Menolak mengakui Anda

Ciri yang meresahkan dari silent treatment yaitu pasangan menahan diri untuk tidak membalas sikap dan upaya Anda, untuk membicarakannya, sampai Anda memohon dan menenangkannya. 

Memengaruhi secara psikologis

Perilaku ini berdampak negatif pada suasana hati dan kesejahteraan psikologis penerima perilaku. Misalnya, membuat Anda merasa terisolasi, cemas, dan bingung.

Mengabaikan secara virtual

Bukan hanya pengabaian langsung, tapi pasangan juga mengabaikanmu secara virtual.  Pasangan mungkin tidak membalas chat selama berjam-jam, atau menolak menjawab panggilan telepon dari Anda.