Cara Mengatasi Kapalan Secara Rumahan Maupun Medis

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kapalan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kapalan bukanlah masalah kesehatan yang serius. Namun keberadaannya seringkali membuat tidak nyaman. Kapalan ditandai kulit yang menebal dan mengeras. Kondisi sebagai cara kulit untuk melindungi diri agar tidak terjadi luka dan lepuhan saat mengalami gesekan maupun tekanan berulang.

Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kapalan, seperti menggunakan sepatu yang berukuran lebih besar atau kecil, tidak memakai kaus kaki, dan terlalu sering mengangkat beban berat. Biasanya, kapalan lebih sering terjadi pada telapak dan jari-jari tangan maupun kaki.

Kapalan bisa saja membaik dengan sendirinya, tanpa obat-obatan. Namun, kapalan yang terasa nyeri bisa membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menangani kapalan agar lebih cepat sembuh. Melansir lama Alodokter, berikut berapa cara menghilangkan kapalan.

Penanganan di rumah

  • Rendam tangan atau kaki yang kapalan dengan air hangat dan sabuf.selama 10 menit. Cara ini dapat melembutkan kapalan, hingga memudahkan pengelupasan kulit yang menebal.
  • Gosok kapalan dengan batu apung saat atau setelah mandi. Namun cara ini tidak dapat dilakukan jika Anda menderita diabetes.
  • Hindari pengelupasan kapalan agar tidak mengalami pendarahan dan infeksi.
  • Oleskan pelembap ke kaki dan tangan agar menjaga kulit tetap lembut.
  • Gunakan kaus kaki dan sepatu yang nyaman dan empuk.

Pemanganan oleh dokter

Tindakan pengikisan kapalan

Dokter dapat menghilangkan benjolan atau kulit yang menebal dengan pisau bedah. Cara ini hanya boleh dilakukan dokter, sehingga alangkah baiknya Anda tidak mencoba menghilangkan kapalan menggunakan pisau di rumah yang justru dapat menyebabkan infeksi.

Plester atau gel penghilang kapalan

Dokter akan memberikan plester (patch) atau gel dengan kandungan asam salisilat sebanyak 40%, serta seberapa sering plester perlu diganti. Sebelum menempelkan plester atau mengoleskan gel untuk menghilangkan kapalan, sebaiknya bersihkan bagian yang mengalami kapalan terlebih dulu untuk menghilangkan kulit mati.

Operasi

Langkah operasi biasanya dilakukan apabila kapalan disebabkan oleh bentuk tulang yang tidak lurus, baik tulang tangan atau kaki. Meski demikian, kasus ini sangat jarang terjadi.

Populer video

Berita lainnya