Tetap Sehat saat Cuaca Panas

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Jaga Kesehatan Jelang Ramadan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berkeringat dan haus adalah respon tubuh untuk mempertahankan suhu badan ketika cuaca sangat panas. Tapi, lama-kelamaan Anda akan merasa pusing, sulit konsentrasi, bahkan mudah marah. Semua ini adalah tanda tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Jika kondisi ini dibiarkan, bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari lemas, pingsan, hingga turunnya daya tahan tubuh. Maka dari itu, perlunya mengetahui tips sehat ini, terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Melansir laman Alodokter, simak penjelasan berikut ini.

Minum air putih yang cukup

Cuaca panas bisa membuat tubuh banyak berkeringat dan kehilangan banyak cairan, yang akhirnya menyebabkan dehidrasi. Agar tubuh tidak kekurangan cairan, dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2–3 liter setiap hari.

Ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, apalagi saat cuaca sedang panas, jangan lupa untuk membawa air minum.

Makan makanan sehat

Cuaca panas tidak hanya menguras cairan dari dalam tubuh, tetapi juga menguras stamina. Karenanya, tetap luangkan waktu untuk beristirahat dan makan di sela-sela aktivitas, agar ada waktu bagi tubuh untuk memulihkan diri dan mengisi energi.

Pastikan Anda makan makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsi makanan sehat disertai istirahat yang cukup dapat menjaga stamina dan kebugaran tubuh, sehingga bisa tetap produktif dalam aktivitas meski cuaca sedang panas.

Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari saat cuaca panas bisa membuat kulit terbakar. Mencegahnya, pakailah tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih ketika akan beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, kenakan topi, kacamata hitam, serta pakaian berwarna terang, longgar, dan mudah menyerap keringat, agar Anda tetap nyaman saat beraktivitas di cuaca panas.

Memilih olahraga yang tepat

Olahraga rutin dapat meningkatkan stamina tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, dan membuat tubuh terasa lebih segar. Ini akan membantu tubuh menghadapi pengaruh cuaca panas. Meski begitu, hindari olahraga di luar ruangan ketika udara sedang panas.

Populer video

Berita lainnya