Ketahui Khasiat Jeruk Purut bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Daun Jeruk Purut untuk Tubuh
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jeruk purut adalah jenis buah sitrus yang tumbuh di negara-negara tropis Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Buah ini memiliki rasa yang khas dan banyak digunakan untuk makanan dan minuman.

Selain memberikan cita rasa yang segar pada makanan dan minuman, jeruk purut juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan berkat zat yang terkandung di dalamnya. Di antaranya Vitamin C dan A, Folat, Minyak atsiri sitronelal, Serat, Mineral seperti potasium, kalsium, zat besi, zinc, magnesium, dan masih banyak lagi lainnya.

Berbagai bagian tanaman jeruk purut mulai dari daun, buah, hingga minyaknya telah banyak orang-orang gunakan untuk berbagai tujuan berbeda. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat tentang jeruk purut.

Memperlancar pencernaan

Jeruk purut kaya akan serat dan juga asam sitrat. Kedua zat ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Serat bisa menstimulasi kerja sistem pencernaan sehingga bisa mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Sementara itu, asam sitrat bisa membantu tubuh memecah makanan dan menyerap nutrisi.

Mendetoksifikasi darah

Minyak dari tanaman jeruk purut sering dicampur ke obat-obatan tradisional atau modern bagi pengidap penyakit yang berkaitan dengan darah. Sebab, tanaman ini memiliki komponen-komponen yang bisa membunuh patogen atau agen-agen yang asing di dalam darah sehingga bisa kembali sehat.

Mengurangi inflamasi

Jeruk purut mengandung senyawa-senyawa anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Senyawa seperti limonen, sitronelal, dan sineol yang terdapat dalam jeruk purut dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh dan membantu meredakan gejala peradangan.

Mendorong sistem imun

Jenis jeruk ini sangat tinggi akan vitamin C, sehingga bisa membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang bisa melawan infeksi. Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat, serta melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengurangi stres

Aroma jeruk purut yang khas telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda asal India, untuk menenangkan otak dan mengurangi stres. Buah ini juga bisa menjadi aromaterapi yang dapat membantu mengurangi kecemasan serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Populer video

Berita lainnya