Gigi Mudah Ngilu, Kenali Beberapa Penyebabnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Gigi Sensitif
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gigi ngilu tentu membuat penderitnya merasa tidak nyaman dan terganggu. Kondisi ini umumnya muncul tiba-tiba, terutama saat mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Maka itu, sebaiknya jangan abaikan kondisi ini, ya.

Gigi ngilu bisa menjadi tanda gangguan kesehatan pada gigi maupun gusi. Gigi ngilu dapat disebabkan berbagai hal. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa penyebab umum terjadinya gigi ngilu.

Gigi Sensitif

Gigi sensitif akan memunculkan sensasi rasa ngilu dan nyeri pada gigi. Rasa ngilu ini terjadi sebagai respons terhadap sejumlah kondisi. Contohnya, setelah makan atau minum makanan yang terlalu panas atau dingin.

Gigi sensitif dapat terjadi ketika menipisnya enamel gigi atau terbukanya akar gigi. Rasa tidak nyaman pada gigi juga bisa disebabkan karena gigi retak, gigi berlubang, atau prosedur medis yang dilakukan pada gigi, seperti prosedur memutihkan gigi.

Gangguan pada Gusi

Gangguan pada gusi ini bisa dipicu berbagai hal. Mulai dari perawatan gigi yang kurang baik, penumpukan karang gigi, terlalu keras menyikat gigi, hingga kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol.

Radang gusi merupakan salah satu gangguan pada gusi yang umum terjadi. Kondisi dikarenakan lapisan plak atau bakteri yang menumpuk di gigi. Bila tidak diobati, radang gusi dapat berkembang menjadi periodontitis.

Abses Periapikal

Abses periapikal bisa menyebabkan gigi terasa ngilu. Ini merupakan kondisi ketika terdapat kumpulan nanah di pangkal gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Gigi Berlubang

Gigi berlubang bisa disebabkan berbagai hal, tetapi umumnya terjadi akibat bakteri atau kuman yang menggerogoti gigi. masalah ini bisa menimbulkan nyeri atau sakit yang mungkin tak tertahankan.

Pada beberapa kasus, gigi berlubang bisa menimbulkan komplikasi. Mulai dari infeksi gigi, abses gigi, sepsis, hingga gigi tanggal.

Gigi yang Retak

Gigi retak bisa disebabkan karena mengunyah makanan yang terlampau keras. Selain itu, benturan atau pukulan dan usia yang makin bertambah juga dapat memicu gigi retak menjadi retak.

Tambalan Gigi Rusak atau Longgar

Gigi ngilu bisa disebabkan oleh tambalan gigi yang rusak atau longgar. Tambalan yang sudah longgar bisa memengaruhi akar gigi, sehingga menyebabkan gigi terasa ngilu.

Memiliki Kebiasaan Menggertakkan Gigi

Kebiasaan menggertakan gigi meningkatkan risiko pengikisan pada email gigi. Hal ini memicu gigi berlubang sehingga lubang menuju saraf gigi terlihat. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa ngilu hingga sakit gigi yang cukup mengganggu.

Perawatan Gigi Berlebih

Menggosok gigi dan menggunakan cuci kumur mulut merupakan kebiasaan baik yang dapat digunakan untuk merawat gigi. Namun, penggunaan berlebih membuat gigi menjadi lebih sensitif. Hal ini disebabkan produk perawatan gigi yang ditemukan di toko memiliki kandungan alkohol dan kimia lainnya.

Populer video

Berita lainnya