Cara Alami dan Ampuh Mengusir Ketombe Membandel

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ketombe merupakan serpihan putih yang terdapat di kulit kepala dan rambut. Selain menimbulkan rasa gatal, ketombe dapat menurunkan rasa percaya diri. Terlebih ketika si penderita ketombe mengenakan baju berwarna hitam, sehingga ketombe yang menempel di baju tampak lebih jelas.

Ada beberapa cara untuk mengatasi ketombe di rumah, dengan bahan serta prosedur yang tampaknya sederhana. Melansir laman Pulse.com.gh, berikut beberapa bahan yang bisa Anda temukan di dapur, yang merupakan solusi bagus untuk dicoba.

Kulit jeruk

Ambil potongan jeruk dan kemudian campur beberapa jus lemon ke atasnya. Tambahkan semua ini ke prosesor dan hancurkan hingga berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan ke kulit kepala dan biarkan mengering selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan pembersih ketombe.

Kuning telur

Kuning telur mengandung biotin yang merupakan nutrisi penting untuk mengobati ketombe, dan dapat berfungsi sebagai kondisioner untuk rambut. Untuk menggunakan kuning telur, Anda harus menghilangkan albumin. Kuning telur lebih berharga daripada lapisan putih yang menyelimutinya.

Keringkan rambut terlebih dahulu lalu oleskan kuning telur ke rambut Anda. Tutupi rambut Anda dengan bungkus plastik selama 60 menit. Cuci rambut Anda dengan lembut menggunakan sampo. Pada titik tertentu, Anda harus mencuci rambut dua kali untuk menghilangkan bau yang tidak sedap.

Neem

Daun neem dikenal memiliki beberapa manfaat antibakteri dan kesehatan sehingga sering digunakan sebagai bahan umum dalam sabun dan sampo.

Cara menggunakannya, hancurkan beberapa daun neem sampai membentuk pasta kental. Kemudian oleskan ke kulit kepala dan rambut dan biarkan mengering setidaknya selama 10 menit. Setiap kali ini dilakukan, Anda bisa mencucinya dengan air.

Minyak kelapa dengan lemon

Minyak kelapa konon bisa menjaga keawetan rambut, apalagi jika dicampur dengan sedikit perasan lemon, bisa mengatasi ketombe.

Cara penggunaannya, ambil 2 sendok makan minyak kelapa hangat dan campurkan dengan kombinasi yang sama dari jus lemon. Terapkan ini ke kulit kepala Anda dan gosok rambut Anda dengan lembut. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan sampo.

Populer video

Berita lainnya