Buat Para Ayah! Begini Cara Membesarkan Anak Perempuan Agar Tangguh dan Kuat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ayah dan Anak Perempuan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak yang bilang anak perempuan lebih dekat dengan ayahnya. Ternyata hubungan anak perempuan dengan ayahnya berperan penting dalam perkembangan psikologinya. Ketika ayah selalu hadir dalam kehidupan putrinya, mereka bisa tumbuh menjadi sosok yang lebih percaya diri dan memahami apa yang mereka inginkan.

Nyatanya, ada banyak sekali manfaat bila ayah dekat dengan putrinya. Sebuah penelitian mengungkapkan, anak perempuan yang berhubungan baik dengan sang ayah dan selalu mendapat kasih sayang mereka akan Tumbuh menjadi sosok tegas tanpa menjadi agresif, lebih mungkin mengejar pendidikan lebih tinggi, merasa selalu mengenal diri mereka sendiri, hingga kemungkinan memiliki prestasi yang baik di sekolah.

Lantas apa saja hal-hal yang perlu dilakukan para ayah agar si kecil tumbuh menjadi anak perempuan yang percaya diri dan berpendirian kuat?

Hal ini bisa dimulai dari sejak anak lahir bahkan hingga dewasa. Apa saja hal-hal yang perlu dilakukan para ayah agar si kecil tumbuh menjadi anak perempuan yang percaya diri dan berpendirian kuat?

Lebih Terbuka pada Sesuatu yang Kurang Nyaman

Buat para ayah jangan ragu untuk memahami anak perempuan lebih dalam lagi, sekalipun pada hal-hal yang mungkin dipikir tidak nyaman. Seperti masalah pubertas atau ketika anak sedang menyukai teman lawan jenisnya.

Biarkan anak bercerita dan ayah mendengarkan, sehingga anak akan merasa didukung dan diperhatikan. Dalam jangka panjang, kepercayaan diri ini akan bermanfaat pada kariernya juga.

Hadir Secara Fisik

Sesibuk apa pun pekerjaan yang dijalani, sempatkan untuk selalu meluangkan waktunya bersama ana perempuan Anda. Entah membantunya mengerjakan PR atau sekadar mengajaknya pergi mencari hiburan. Bila perlu, ayah bisa menentukan sendiri waktu khusus bersama sang putri tanpa gangguan apa pun.

Momen Menyenangkan

Momen bahagia dan menyenangkan antara ayah-anak bisa dibentuk dari kegiatan sehari-hari. Mulai dari memasak untuk keluarga hingga pergi berdua saja atau daddy-girl time. Bila harus berpisah untuk waktu yang cukup lama, mintalah suami agar tetap bertemu virtual lewat telepon atau video call.

Jadi Guru dan Teman Diskusi

Bila anak perempuan Anda rasa ingin tahunya tinggi, maka ini saatnya untuk ayah ikut berdiskusi bersama tentang hal-hal yang sedang diminatinya. Terkadang, berdiskusi dan berdebat saja bisa begitu seru. Jadi, ambillah kesempatan ini untuk mengeksplor lebih banyak soal apa yang disukainya.

Jadi Role Model

Anak selalu memiliki keinginan untuk meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Jadi, para ayah pun punya kesempatan untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik, yang nantinya bisa ditiru oleh si kecil.

Selalu Ada Tanpa Melihat Waktu

Terkadang saking sibuknya para ayah, mereka baru bisa meluangkan waktu bersama anaknya di akhir pekan. Tetapi, ingatlah bahwa anak dan bahkan Anda juga butuh istirahat setelah seminggu padat beraktivitas. Jadi, waktu yang singkat di hari kerja pun bisa dimanfaatkan untuk menemani anak perempuan Anda.

Populer video

Berita lainnya