Begini Cara Ampuh Mengatasi Suara yang Hilang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Suara hilang merupakan gejala laringitis, yaitu peradangan pada laring atau kotak suara. Kondisi ini umumnya terjadi akibat infeksi virus, misalnya virus flu. Selain itu, suara hilang juga dapat disebabkan oleh kebiasaan berteriak, merokok, serta mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Meski tidak berbahaya, suara hilang yang biasanya disertai dengan rasa gatal dan nyeri di tenggorokan, tentunya menimbulkan ketidaknyamanan. Oleh karena itu, cara mengatasi suara hilang yang ampuh secara medis maupun dengan penganan di rumah perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Melansir laman alodokter, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan berikut ini untuk mengatasi suara hilang.

Kortikosteroid

Di dalam kotak suara, terdapat pita suara yang berperan dalam proses produksi suara. Ketika laringitis terjadi, pita suara ikut meradang dan menyebabkan suara hilang. Pemberian obat kortikosteroid adalah cara mengatasi suara hilang yang tergolong ampuh karena obat ini mampu mengurangi peradangan pada pita suara.

Namun, kortikosteroid tidak dapat diberikan secara sembarangan. Obat ini biasanya diberikan kepada pasien dengan kondisi tertentu, misalnya anak-anak yang menderita croup atau orang yang menggunakan suara dalam pekerjaannya.

Antibiotik

Jika suara hilang disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik untuk memulihkan suara Anda. Namun, cara mengatasi suara hilang yang satu ini cukup jarang dilakukan. Sebab, suara hilang umumnya terjadi akibat infeksi virus.

Obat antinyeri

Obat antinyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen, kerap digunakan untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan yang biasa terjadi saat suarahilang. Agar perawatan suara hilang menjadi lebih efektif, pemberian obat-obatan juga bisa diikuti dengan terapi wicara. Terapi ini bertujuan untuk merawat dan mengurangi ketegangan pada pita suara.

Cara Mengatasi Suara Hilang di Rumah

Selain cara di atas, ada berbagai cara mengatasi suara hilang secara alami yang bisa dilakukan untuk mendukung pengobatan medis, di antaranya:

  • Konsumsi banyak air putih, jus, teh, atau kaldu hangat untuk meredakan iritasi pada tenggorokan.
  • Berkumur dengan air garam untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan meredakan iritasi tenggorokan.
  • Hisap permen pelega tenggorokan agar tenggorokan tetap lembap.
  • Kurangi bicara, terutama berbicara dengan volume yang kencang atau dalam jangka waktu yang lama.
  • Hindari berbisik karena dapat menyakiti pita suara.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol dan berkafein.
  • Jauhi paparan asap rokok, asap kendaraan, maupun debu di dalam ruangan.
  • Hentikan kebiasaan merokok, karena memicu batuk dan memperparah iritasi tenggorokan.
  • Hentikan konsumsi obat yang menyebabkan tenggorokan menjadi kering, misalnya dekongestan.

Populer video

Berita lainnya