Ketahui Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bekas Jerawat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu, dan dapat meninggalkan bekas pada kulit yang dapat menghitam. Sebab, saat jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, sel-sel yang membantu memulihkan permukaan kulit mengandung terlalu banyak melanin.

Saat sel-sel kulit tertentu kelebihan zat melanin ketimbang yang lain, hasilnya muncul bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Namun ternyata, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa kamu coba. Melansir laman halodoc, simak penjelasannya berikut ini.

Lemon

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi bintik hitam bekas jerawat adalah konsumsi vitamin C. Anda bisa mengonsumsi jus lemon yang kaya akan vitamin C dan dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam.

Namun bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif dan kering, dianjurkan untuk tidak memanfaatkan jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam karena rentan untuk mengalami iritasi.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat pada kulit. Tanaman ini juga kerap digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam, berkat nutrisi yang dikandungnya.

Ekstrak biji anggur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi selama 6 bulan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Madu

Madu kerap digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, termasuk luka bakar, luka, dan herpes. Penelitian menunjukkan bahwa bahan ini bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi potensi jaringan parut. Sifat anti peradangannya juga mampu melawan infeksi yang dapat menyebabkan lebih banyak jerawat muncul.

Bubuk kunyit

Bahan alami yang satu ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri karena sifat anti-inflamasinya yang membantu regenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut. Alhasil, kulit menjadi lebih cerah dan noda hitam bekas jerawat menjadi tersamarkan.

Populer video

Berita lainnya