Tips Mudah Menghilangkan Gatal Setelah Bercukur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menghilangkan Gatal
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mencukur merupakan cara yang paling sering dilakukan untuk menghilangkan bulu di area kemaluan. Kendati begitu, cara pencabutan bulu termasuk mencukur, waxing, kliping, tweezing, threading atau perawatan laser dapat memiliki konsekuensi kesehatan.

Pasalnya, area genital atau kemaluan memang sangat sensitif terhadap hair removal. Maka tak heran, bila muncul rasa gatal hingga iritasi setelah bercukur.

Apabila itu terjadi, sering kali akan menyebabkan sensasi rasa berduri dan gatal. Tentunya kondisi ini membuat tidak nyaman. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa cara menghilangkan gatal setelah bercukur.

Pakai timun

Buah timun memiliki sifat anti-inflamasi yang baik sebagai salah satu cara mengatasi rasa sakit dan gatal akibat cukur bulu kemaluan. Timun juga mengandung vitamin C dan K yang bisa meredakan rasa gatal sehabis mencukur. Berikut cara menggunakannya:

  • Ambil timun segar, kemudian iris secara vertikal.
  • Masukkan irisan timun ke dalam kulkas selama 30 menit.
  • Gosokkan pada kulit yang gatal sekitar kemaluan.
  • Ulangi sampai Anda meraskan gatal pada bagian intim mereda.

Cuka apel

Khasiat cuka apel sama halnya dengan khasiat timun, yaitu sama-sama mengandung zat anti-inflamasi. Zat tersebut berguna baik untuk mengatasi rasa gatal dan iritasi akibat cukur bulu kemaluan.

Cara penggunaannya bisa dilakukan dengan mengambil kapas dan dioleskan sedikit ke cuka apel. Lalu, bilas pada bagian kulit kelamin yang terkena. Setelah itu, Anda bisa membilas dengan air dingin dan ulangi sebanyak tiga kali dalam sehari.

Kompres es dingin

Anda hanya memerlukan batu es, handuk, atau kain tipis. Bungkus dan ikat kain yang telah terisi oleh beberapa buah es batu. Setelahnya, Anda bisa meletakkan kompresan es di kulit yang terasa panas atau gatal selama beberapa menit untuk meredakannya.

Menempelkan kantong teh celup

Sehabis membuat teh celup, kantongnya dapat disimpan karena bermanfaat membantu mengatasi rasa gatal akibat cukur bulu kemaluan. Hal itu dikarenakan kantong teh celup mengandung asam tanat yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi (peradangan).

Memakai celana dalam yang longgar

Pastikan Anda memakai celana dalam yang longgar bila area kemaluan terasa gatal sehabis bercukur bulu. Pasalnya, memakai celana dalam yang ketat justru malah dapat memperparah gatal karena terjadi adanya gesekan.

Terlebih lagi, bila Anda sedang berkeringat dan lembap maka bakteri akan dengan mudah masuk dan menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, sehabis mencukur bulu kemaluan, sebaiknya gunakan celana dalam yang longgar dulu sampai rasa gatalnya hilang dan sembuh.

Populer video

Berita lainnya