Ini Manfaat Minum Air Putih Setelah Olahraga yang Perlu Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minuman Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak hal positif lain yang bisa didapatkan dengan meminum air putih setelah berolahraga. Salah satunya mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Pasalnya, Anda tidak akan mendapat hasil yang maksimal saat melakukan olahraga dalam keadaan dehidrasi.

Apalagi untuk olahraga yang menghasilkan keringat. Itu sebabnya, Anda harus menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, mulai dari bangun tidur hingga kembali memejamkan mata. Melansir laman halodoc, berikut manfaat minum air putih setelah berolahraga,

Mencegah terjadinya kram otot

Massa otot terdiri dari sekitar 76 persen air, jadi minum air putih setelah berolahraga dapat membantu mencegah dehidrasi. Kebiasaan baik ini juga dapat membantu mencegah kram dan memungkinkan otot tetap berkontraksi secara normal.

Membantu mempertahankan suhu tubuh tetap normal

Tubuh memerlukan air untuk kelancaran setiap proses dan fungsi organ. Ketika kamu memikirkan ribuan proses yang tubuh lalui setiap hari agar tetap optimal, maka manfaat minum air putih secara rutin setelah berolahraga menjadi hal yang sangat penting untuk mengatur suhu tubuh.

Mengurangi risiko pembengkakan

Ketika kamu tidak minum cukup air sepanjang hari, terutama setelah berolahraga, tubuh akan cenderung “bertahan” pada bentuk air apa saja pada bagian dalam untuk bertahan hidup. Itu sebabnya kamu bisa mengalami pembengkakan pada bagian kaki, betis, dan bahkan tangan saat tubuh kekurangan air.

Menunjang fungsi sistem pencernaan

Tubuh sebagian besar terdiri dari air yang membantu menyerap nutrisi, mencerna makanan, dan menjaga sirkulasi darah pada tingkat yang sehat. Kurangnya asupan cairan harian tubuh bisa memicu dehidrasi yang berujung pada sembelit dan kondisi kurang optimal lainnya.

Populer video

Berita lainnya