Begini Cara Mencegah Jerawat Selain Cuci Muka dan Jaga Pola Makan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Jerawat Batu pada Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jerawat bisa timbul karena banyak hal. Bisa karena kebiasaan tertentu yang tanpa disadari menyebabkan timbulnya jerawat. Cara mencegah jerawat pun sebenarnya mudah, tapi harus dilakukan secara disiplin dan konsisten.

Meski tidak ada cara yang aman untuk menghilangkan jerawat selamanya, Anda dapat meminimalisir risiko timbulnya jerawat dan menjaga kulit tetap sehat. Melansir laman halodoc, simak penjelasannya berikut ini.

Ketahui Jenis Kulit

Mengetahui jenis kulit dapat membantu menentukan produk mana yang harus digunakan dan dihindari. Anda dapat menggunakan parameter berikut untuk mengidentifikasi jenis kulit:

  • Kering: Kulit sering terasa terkelupas dan kencang.
  • Berminyak: Kulit cenderung terlihat berkilau di penghujung hari.
  • Kombinasi: Anda memiliki area kering dan area berminyak. Daerah yang berminyak biasanya adalah T-zone, atau dahi, hidung, dan dagu.
  • Sensitif: Kulit mudah bereaksi terhadap produk dan rentan terhadap ruam, perubahan warna, atau iritasi. Anda dapat memiliki kulit sensitif bersamaan dengan jenis kulit tadi.

Jika memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat, terlalu banyak produk dengan bahan aktif (seperti asam salisilat dan krim retinol) dapat merusak lapisan penghalang kulit dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Bila kulit cenderung berminyak, hindari pelembap untuk kulit kering. Karena mungkin dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan rentan berjerawat.

Gunakan Pelembap Kulit

Pelembap dapat membantu kulit tetap terhidrasi, dan bisa jadi cara mencegah timbulnya jerawat. Jika kulit terlalu kering, maka akan menghasilkan minyak (sebum) untuk mengimbangi kekeringan. Namun, kelebihan sebum bisa menyebabkan jerawat.

Namun, banyak pelembap yang mengandung minyak, pewangi sintetis, atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Pastikan untuk memeriksa daftar bahan sebelum membeli pelembap untuk memastikannya bebas pewangi dan non-comedogenic.

Minum Air yang Cukup

Saat mengalami dehidrasi, tubuh mungkin memberi sinyal pada kelenjar minyak kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Dehidrasi juga membuat kulit tampak kusam, meningkatkan peradangan dan perubahan warna. Untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari.

Batasi Produk yang Dipakai

Membatasi produk riasan yang dipakai bisa jadi salah satu cara mencegah jerawat yang ampuh. Namun jika tetap ingin mengenakan make up, pilih alas bedak atau concealer yang non-comedogenic dan bebas pewangi, agar kulit tidak semakin teriritasi. Pastikan juga untuk membersihkan riasan sebelum tidur.

Selain membatasi make-up, perhatikan produk lain yang digunakan di dekat wajah, terutama produk penata rambut. Hair spray, dry shampoo, dan produk rambut lainnya dapat bersentuhan dengan kulit dan memicu jerawat.

Jangan Suka Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah dapat mentransfer bakteri dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak menyentuh wajah jika belum cuci tangan.

Batasi Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang terlalu sering dapat membuat kulit dehidrasi. Seiring waktu, ini menyebabkan kulit berminyak dan menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, pastikan untuk membatasi paparan sinar matahari.

Populer video

Berita lainnya