Ini Penyebab Seseorang Lebih Cepat Tumbuh Uban

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Uban Muncul di Usia Muda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rambut putih alias uban, identik dengan seseorang yang telah lanjut usia. Tapi nyatanya banyak kelompok usia muda yang sudah memiliki uban di kepalanya. Bahkan ada juga yang bilang, penyebab seseorang lebih cepat ubanan akibat terlalu banyak berpikir. Benarkah demikian?

Rambut putih atau uban terjadi akibat folikel rambut kehilangan pigmen akibat pertambahan usia. Hal ini membuat rambut menjadi putih. Melansir laman halodoc, berikut penyebab seseorang lebih cepat ubanan.

Stres

Stres dapat menyebabkan penipisan sel punca pada folikel rambut sehingga memicu munculnya uban. Selain itu, stres juga dapat meningkatkan risiko tiga kali lebih besar menyebabkan munculnya uban lebih cepat daripada orang-orang yang mampu mengelola stres dengan baik.

Faktor Genetik

Munculnya uban lebih cepat juga bisa terjadi akibat adanya faktor genetik. Ketika Anda memiliki riwayat keluarga dengan munculnya uban yang lebih awal, kondisi ini juga bisa kamu alami. Biasanya, uban muncul akibat faktor genetik saat seseorang memasuki usia 20-25 tahun.

Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin E, dan D, menjadi penyebab seseorang lebih cepat ubanan. Untuk itu, selalu pastikan mengonsumsi berbagai makanan yang beragam sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan rambut.

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan munculnya rambut putih lebih dini. Merokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi aliran darah menuju folikel rambut. Selain kerontokan rambut, folikel yang rusak juga menyebabkan munculnya uban di usia yang muda.

Gangguan Tiroid

Perubahan hormon akibat gangguan tiroid juga menyebabkan munculnya uban lebih dini. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin sehingga berisiko menyebabkan munculnya rambut putih.

Populer video

Berita lainnya