Tips Ngemil Sehat Agar Kerja Lebih Semangat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ngemil Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kebiasaan ngemil bisa menjadi bagian penting dari pola makan sehat, tetapi di sisi lain juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Keduanya tergantung pada bagaimana perilaku ngemil yang dilakukan. Apa jenis camilan yang dimakan, seberapa sering frekuensi ngemil, dan berapa banyak jumlah yang dikonsumsi.

Rekomendasi untuk camilan sehat sendiri harus kaya nutrisi, meliputi sayuran mentah, buah segar, kacang-kacangan, dan yogurt tawar. Melansir laman hellosehat, berikut beberapa tips ngemil sehat yang bisa dilakukan.

Bawa bekal sendiri dari rumah

Salah satu tips ngemil saat kerja yang paling mudah adalah dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Agar mudah, persiapkan bekal cemilan pada waktu malam hari atau pagi hari sebelum berangkat bekerja.

Pilih yang kaya protein

Supaya sesi ngemil tidak berujung menjadi lemak berlebihan yang tersimpan dalam tubuh, ada baiknya untuk memilih kudapan kaya protein, seperti kacang-kacangan atau biji-bijian. Beberapa rekomendasi cemilan tinggi protein antara lain, kacang mete, kacang almond, biji labu, chia seed, atau selai kacang.

Dampingi bersama air putih atau teh

Asupan cairan seperti air putih atau teh tanpa kafein dapat membantu tubuh merasa kenyang. Selain itu, hidrasi yang tercukupi bisa meningkatkan metabolisme sel, sehingga memungkinkan otot bekerja lebih maksimal.

Kombinasikan dengan tepat

Kalau ingin ngemil sehat yang lebih mengenyangkan lebih lama, coba kombinasikan camilan dengan tepat. Caranya dengan menggabungkan protein, lemak, dan karbohidrat sehat dalam satu penyajian. Contohnya, makan sedikit kacang-kacangan (protein dan lemak) dan biskuit gandum utuh (karbohidrat) dengan keju rendah lemak (protein dan lemak).

Konsumsi buah segar dengan kulitnya

Konsumsi buah segar dengan kulitnya ternyata bisa membuat perut kenyang lebih lama. Buah-buahan seperti apel, anggur, plum, atau persik, bisa dikonsumsi langsung dengan kulitnya yang mengandung serat sehingga baik dijadikan pilihan cemilan untuk menunda rasa lapar.

Populer video

Berita lainnya