Simak Tips Menghibur Orang Sedih untuk Menjauhkan Depresi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menghibur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mendapati orang di sekitar sedang sedih, mungkin Anda terdorong untuk membantu meringankan beban mereka agar bangkit dari keterpurukannya. Tak dipungkiri, kesedihan berlarut-larut bisa berkembang menjadi gejala depresi klinis yang dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Karenanya, jangan abaikan mereka yang sedang berada dalam kesedihan. Berikan bantuan yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya melewati fase ini dan lebih cepat. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa cara menghibur orang sedih yang dapat Anda lakukan.

Tanyakan apa yang dirasakannya

Emosi kesedihan dapat berubah dengan cepat dan kesedihan adalah pengalaman individual. Jangan mengaku tahu apa yang mereka rasakan kecuali benar-benar pernah berada dalam situasi yang persis sama. Utamakan untuk mendengarkan dan mintalah mereka memberi tahu hal yang mereka rasakan tanpa memotong penjelasannya.

Jadilah pendengar yang baik

Belajar untuk mendengarkan adalah cara menghibur orang sedih yang paling penting. Cobalah menahan diri untuk tidak membandingkan pengalaman Anda atau memberikan nasihat yang tidak diminta. Ada kalanya orang yang bersedih hanya perlu didengarkan. Biarkan mereka berkeluh kesah dan mencurahkan isi hati tanpa menghakimi, menyalahkan, atau meremehkan perasaan mereka.

Segera berikan bantuan

Tanyakan apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu mereka. Anda juga bisa menggunakan intuisi untuk menentukan apa yang bisa Anda lakukan untuk membantunya. Analisa keadaan di sekitar Anda dan lakukan beberapa hal untuk meringankan bebannya, misalnya menyediakan makanan, membantu mengerjakan pekerjaan rumah, atau menemaninya berkonsultasi jika diperlukan.

Ungkapkan rasa peduli

Mengetahui ada seseorang yang peduli dapat memberikan dukungan moril yang sangat berarti. Anda juga dapat menunjukkan hal ini dengan bahasa tubuh seperti memberi pelukan, pijatan ringan untuk melegakan atau menggenggam tangannya. Kepedulian Anda dapat membuat mereka merasa berarti.

Hargai perasaan mereka

Untuk bisa mengatasi kesedihan yang mendalam, seseorang perlu merasa dihargai. Karenanya perlu menghargai setiap perasaan orang yang Anda cintai. Jika mereka berduka, biarkan mereka menangis dan jangan melarangnya. Anda juga sebaiknya jangan menasihati apa yang seharusnya atau tidak seharusnya mereka rasakan dan lakukan.

Tetap terhubung

Anda mungkin tidak selalu bisa berada di samping mereka yang sedang bersedih, tetapi ingatlah untuk tetap terhubung dan bertanya tentang kabar mereka secara berkala. Beberapa orang mungkin dapat lebih baik menangani kesedihan, sementara yang lainnya bisa saja semakin memburuk. Selalu rutin menanyakan kabar dan menjaga komunikasi akan membuat mereka merasa didukung dan dicintai.

Populer video

Berita lainnya