Wujudkan Keluarga Sehat, Terapkan Kebiasaan Sederhana Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Happy Family
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mewujudkan keluarga sehat dapat dimulai dari kebiasaan sehari-hari seperti memiliki pola makan sehat, rutin olahraga, hingga memerhatikan kebersihan pribadi. Karenanya penting bagi orang tua untuk mengajarkannya pada anak untuk menerapkan kebiasaan tersebut. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa kebiasaan sehat yang bisa bantu wujudkan keluarga sehat.

Pola Makan Sehat

Apa yang dikonsumsi sehari-hari dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Maka dari itu, sangat penting memiliki pola makan sehat dalam keluarga.

Olahraga Rutin

Penting juga menjadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian untuk mewujudkan keluarga yang sehat. Buatlah jadwal berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Agar kegiatan olahraga terasa menyenangkan, ajak seluruh anggota keluarga untuk melakukannya bersama-sama.

Tidur Berkualitas

Mendapatkan tidur yang berkualitas tak kalah penting bagi kesehatan. Buatlah aturan untuk menjauhkan semua gadget sekitar 1 jam sebelum tidur. Bila memungkinkan, jadwalkan tidur di jam yang sama setiap harinya, agar ritme sirkadian tubuh bisa terjaga.

Mengelola Stres dengan Baik

Kesehatan mental juga harus jadi perhatian, jika ingin mewujudkan keluarga sehat. Ini bisa dilakukan dengan mengajak semua anggota keluarga untuk melakukan yoga atau meditasi bersama. Selain itu, bisa juga dengan meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga.

Menjaga Kebersihan Diri

Kebersihan juga menjadi kunci penting dalam mewujudkan keluarga sehat. Jika kebersihan pribadi buruk, tubuh menyediakan lingkungan yang ideal bagi kuman untuk tumbuh, sehingga rentan terhadap infeksi. Untuk menjaga kebersihan diri, pastikan untuk mandi setiap hari, menggunakan sabun dan air untuk membilas sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri.

Populer video

Berita lainnya