Jerawat di Leher Bikin Risih, Yuk Cari Tahu Penyebabnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jerawat di Leher
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidak melulu di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya seperti leher misalnya. Kondisi kulit ini hampir dialami oleh sebagian besar orang. Biasanya, jerawat muncul karena pori-pori tersumbat sel kulit mati, sebum atau minyak yang diproduksi tubuh untuk mencegah kulit kering, dan bakteri yang disebut Propionibacterium acnes.

Di samping itu, ada beberapa faktor lainnya yang biasanya memicu atau memperparah jerawat. Melansir laman hellosehat simak penjelasannya berikut ini.

Perubahan hormonal

Perubahan hormonal yang paling sering memicu munculnya jerawat di bagian tubuh termasuk leher. Selama pubertas, hormon androgen akan meningkat baik pada anak laki-laki dan perempuan. Ini mengakibatkan kelenjar sebaceous membesar dan mengeluarkan lebih banyak sebum atau minyak pada kulit hingga terjadi penumpukan dan timbul jerawat.

Diet

Menerapkan diet atau melakukan perubahan pola makan diyakini mampu memicu timbulnya jerawat. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu, termasuk makanan kaya karbohidrat, seperti roti, bagel, dan keripik dapat memperburuk jerawat.

Kurang menjaga kebersihan

Penumpukan sel-sel kulit mati dan produksi minyak yang berlebih dapat membuat pori-pori di kulit leher tersumbat hingga timbul jerawat jika tidak rajin membersihkannya. Selain itu, menggosok kulit terlalu keras atau membersihkan kulit dengan sabun atau bahan kimia yang keras dapat mengiritasi kulit dan dapat memperburuk jerawat.

Populer video

Berita lainnya