Simak Cara Mengangkat Sel Kulit Mati pada Wajah Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Resep Membuat Pembersih Wajah Alami
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Regenerasi sel kulit terjadi setiap 28–45 hari. Pada proses ini, sel-sel kulit mati akan mengelupas dengan sendirinya dan berganti dengan sel-sel kulit baru. Namun, sel-sel kulit mati terkadang dapat menumpuk di lapisan terluar kulit. Oleh karenanya perlu melakukan eksfoliasi atau cara mengangkat sel kulit mati.

Anda bisa menggunakan waslap untuk mengangkat sel kulit mati. Cukup dengan membasahi waslap dengan air hangat dan sabun pembersih wajah, lalu usapkan waslap ke kulit wajah dengan gerakan memutar. Selain itu, Anda juga bisa membuat scrub dari bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati. Melansir laman alodokter, berikut ini cara mengangkat sel kulit mati di wajah secara alami:

Menggunakan campuran oatmeal dan yoghurt

Oatmeal mengandung antioksidan dan memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu menenangkan kulit sensitif atau kulit yang sedang mengalami iritasi. Sementara yoghurt memiliki kandungan asam laktat alami yang dapat membantu mengoptimalkan proses eksfoliasi. Berikut adalah cara membuat scrub dari campuran oatmeal dan yoghurt:

  • Siapkan 2 sendok makan oatmeal yang telah dihaluskan.
  • Campurkan oatmeal dengan 1 sendok teh minyak jojoba atau minyak kelapa dan 1 sendok makan yoghurt tanpa rasa.
  • Oleskan scrub pada wajah dengan gerakan melingkar selama 30–60 detik, lalu bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih.

Menggunakan campuran oatmeal dan madu

Madu dapat mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan bakteri baik pada kulit, sehingga ampuh untuk mengatasi jerawat. Selain itu, madu juga dapat melembapkan dan menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat. Scrub ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi. Berikut cara membuatnya:

  • Siapkan 2 sendok makan oatmeal, 2 sendok makan madu, dan 2 sendok makan minyak jojoba.
  • Haluskan oatmeal hingga menjadi bubuk.
  • Hangatkan madu selama beberapa detik menggunakan microwave agar lebih mudah dicampur dengan bahan lain.
  • Campurkan semua bahan scrub ke dalam mangkuk, lalu oleskan scrub pada kulit wajah dengan gerakan melingkar selama 60 detik.
  • Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Menggunakan campuran oatmeal dan pisang

Selain dapat menutrisi kulit, pisang mengandung mineral silika yang dapat mendorong produksi kolagen di kulit. Cara membuat scrub dari pisang dan oatmeal adalah:

  • Siapkan 1 buah pisang yang matang, 1 sendok makan yoghurt tanpa rasa, dan 2 sendok makan oatmeal yang telah dihaluskan.
  • Haluskan pisang hingga teksturnya menyerupai bubur, lalu campurkan dengan yoghurt dan oatmeal.
  • Oleskan scrub pada kulit wajah mengikuti langkah yang sudah disebutkan di atas.

Menggunakan cuka apel

Cuka apel memiliki sifat asam yang mampu mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit. Sifat antibakteri pada cuka apel juga dipercaya dapat mengatasi jerawat. Untuk menggunakan cuka apel sebagai cara mengangkat sel kulit mati, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air.
  • Celupkan kapas ke dalam larutan cuka apel.
  • Usapkan kapas tersebut ke wajah Anda.
  • Meskipun dipercaya cukup efektif untuk mengangkat sel kulit mati, cuka apel sebaiknya tidak digunakan jika Anda memiliki kulit sensitif.

Menggunakan susu

Kandungan asam laktat pada susu dapat membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Susu juga dapat menenangkan kulit yang mengalami iritasi dan gatal.

Penggunaan susuk untuk mengangkat sel kulit mati tak berbeda dengan menggunakan cuka aple. Cukup celupkan kapas ke dalam susu dingin, kemudian usapkan kapas tersebut pada wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas wajah dengan air hangat.

Populer video

Berita lainnya