Simak Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tahan Lama

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menyimpan Makanan di Kulkas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menyimpan makanan di dalam kulkas umumnya agar makanan bisa tahan lebih lama. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kualitas makanan tetap terjaga. Jika tidak, makanan justru rentan terkontaminasi kuman penyebab penyakit dan meningkatkan risiko terjadinya keracunan makanan bila dikonsumsi.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai cara menyimpan makanan di kulkas yang benar. Dengan begitu, makanan anda dapat terjaga kualitasnya dan terhindar dari kontaminasi bakteri. Melansir laman alodokter, simak cara menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama dan tetap segar saat dikonsumsi.

Simpan makanan dalam wadah tertutup

Menyimpan makanan di kulkas menggunakan wadah tertutup dapat menjaga kesegaran makanan dan mencegah kontaminasi kotoran maupun bakteri. Pastikan juga wadah yang digunakan dalam kondisi tidak rusak dan bersih.

Letakkan daging mentah di rak bagian bawah

Meski telah disimpan dalam wadah tertutup atau dibungkus dengan rapat, sebaiknya letakkan daging mentah di rak bagian bawah untuk menghindari risiko menetesnya cairan dari daging ke makanan lain. Agar tahan lama, daging mentah lebih baik disimpan dalam lemari pembeku atau freezer.

Bungkus buah dan sayur tertentu menggunakan handuk

Sebelum disimpan dalam wadah tertutup, beberapa jenis buah dan sayur seperti stroberi, bluberi, wortel, dan lobak sebaiknya dibungkus menggunakan handuk kering. Handuk kering dapat menyerap air atau kelembapan berlebih yang menyebabkan buah dan sayur tertentu menjadi cepat busuk.

Sementara itu, sayuran seperti brokoli, daun bawang, dan selada, perlu disimpan di tempat yang lembap. Nah, untuk menjaga kesegarannya, Anda bisa membungkusnya dengan handuk lembap.

Jaga suhu kulkas tetap dingin

Pastikan kulkas berada pada suhu di bawah 5° C dan freezer pada suhu minimal -18° C untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri maupun jamur pada makanan. Selain itu, tutup pintu kulkas dengan rapat dan jangan menumpuk makanan di depan lubang udara agar suhu kulkas tetap dingin. Selain menjaga suhu kulkas, jaga pula kebersihan kulkas.

Letakkan makanan sesuai dengan masa simpannya

Letakkan makanan yang sudah lama atau mendekati tanggal kedaluwarsa di bagian depan. Menyimpan makanan dengan cara ini bisa memudahkan menjangkau makanan yang sudah lama agar dapat segera dikonsumsi dan tidak telanjur busuk. Anda juga dapat memberi label tanggal pada wadah makanan untuk membantu mengingat jangka waktu penyimpanannya.

Populer video

Berita lainnya