Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Perut Kosong

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bahaya Kopi Bagi Penderita Mag
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Perut kosong menyebabkan seseorang merasa lapar dan ingin makan berbagai macam hal. Padahal, kondisi perut kosong bisa mengalami masalah ketika salah mengonsumsi makanan dan minuman. Terutama jika mengonsumsi makanan yang bisa menimbulkan masalah pencernaan ketika dicerna dalam perut yang sudah lama tidak terisi.

Oleh karena itu, ketika perut dalam kondisi kosong, kita perlu berhati-hati dalam memilih makanan. Melansir laman hellosehat, berikut ini sejumlah makananan yang perlu dihindari saat perut kosong.

Makanan pedas

Makanan yang pedas perlu dihindari saat perut Anda kosong. Pasalnya, ini dapat mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan kram. Selain itu, rasa pedas dan khas bumbu dapat memicu gangguan pencernaan sehingga tidak cocok disantap saat perut kosong. Langsung menyantap makanan pedas bisa menyebabkan sakit perut dan timbul rasa nyeri yang membakar (heartburn) di ulu hati Anda.

Makanan atau minuman manis

Manisan buah, jus buah dengan tambahan gula, dan sirup adalah minuman yang harus dihindari saat perutkosong. Sebab, makanan itu mengandung tinggi gula dan kalori dan bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan cepat. Jika kadar gula naik, hal ini bisa membebani kerja pankreas untuk melepaskan insulin, padahal organ ini masih beradaptasi setelah bangun tidur.

Makanan tinggi lemak

Makanan berlemak cenderung lebih lambat dicerna dibandingkan zat gizi lain. Oleh sebab itu, makanan berminyak akan menunda pengosongan perut dan dapat menyebabkan kembung, mual, dan sakit perut.

Makanan berserat tinggi

Makanan mentah berserat tinggi seperti biji-bijian dan kacang-kacangan akan sulit dicerna. Jika dimakan saat perut kosong, konsumsi makanan ini bisa menyebabkan penumpukan gas di usus serta perut kembung. Pada beberapa orang, kentut atau gas yang dikeluarkan bisa lebih bau dari biasanya.

Makanan berkalori tinggi

Langsung menyantap makanan berkalori tinggi ketika perut kosong bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan pada sejumlah orang. Gejala gangguan pencernaan itu seperti perut terasa begah, kembung, dan sakit. Selain itu, makan makanan berkalori tinggi justru membuat Anda menjadi lebih mudah lapar dan makan lebih banyak yang berakibat bertambahnya berat badan.

Minuman berkafein

Minum kopi bukan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat perut kosong. Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang sekresi asam klorida yang menyebabkan perut mulas. Kandungan kafein ini juga bisa ditemukan dalam berbagai jenis minuman termasuk cokelat dan minuman energi.

Minum kopi saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung lantaran meningkatkan produksi asam lambung. Kondisi ini akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit GERD.

Buah-buahan sitrus

Rutin makan buah-buahan, termasuk buah-buahan sitrus (jeruk, lemon, dan jeruk nipis) memang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Namun, buah sitrus tergolong sebagai buah yang tidak boleh dimakan saat perut kosong karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Kandungan serat dan fruktosa pada buah sitrus juga dapat memperlambat kerja sistem pencernaan dan meningkatkan risiko penyakit GERD.

Populer video

Berita lainnya