Ini Pantangan Bagi Kulit Sensitif yang Perlu Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Efek Kurang Tidur bagi Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Butuh perhatian dan perawatan yang tepat bagi penderita kulit sensitif. Selain melakukan perawatan, si penderita juga perlu memperhatikan sejumlah pantangan kulit sensitif agar kondisinya tidak semakin parah. Sebab, ada orang yang kulitnya peka terhadap faktor luar seperti suhu dan polusi, sedangkan ada juga yang mengalami kulit sensitif karena sedang stres atau mengalami dehidrasi.

Kulit sensitif sendiri umumnya bisa ditandai dengan hal berikut;

  • Lapisan kelembapan terganggu: kurangnya produksi minyak alami yang menjaga kelembapan kulit.
  • Dehidrasi: Kurangnya kandungan air dalam lapisan kulit yang berfungsi untuk menghidrasi kulit.
  • Tidak nyaman: Mudah perih dan cekit-cekit.
  • Kasar: Tekstur tidak merata.
  • Kaku: Kulit terasa seperti tertarik dan tidak elastis.

Bagi yang mengalami kulit sensitif, perlu memperhatikan kebiasaan dan perawatan sehari-hari agar kondisi kulit tidak semakin parah. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa pantangan kulit sensitif yang harus dihindari.

Terlalu sering cuci muka

Mencuci wajah menjadi salah satu rangkaian perawatan yang penting karena dapat membersihkan kotoran, minyak, dan sisa riasan. Namun sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Pasalnya, penggunaan air dan sabun wajah yang terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Kondisi ini dapat membuat kulit semakin kering dan kencang.

Malas menggunakan pelembap wajah

Merawat dan menjaga kelembapan kulit adalah kebutuhan semua jenis kulit. Kulit yang tidak rutin dijaga kelembapannya akan lebih rentan mengalami kerusakan pada lapisan pelindung kulit (skin barrier) hingga memicu dehidrasi. Kondisi ini akan semakin memperparah iritasi pada kulit wajah Anda. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan penggunaan pelembap pada rangkaian perawatan Anda. Anda dapat menggunakan pelembap sebanyak dua kali sehari di pagi dan malam hari.

Kurang memenuhi asupan cairan

Bagi yang memiliki kulit sensitif perlu memperhatikan asupan cairan yang dikonsumsi setiap hari. Sebab, air sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan, hal ini termasuk juga dalam hal menjaga kesehatan kulit. Jika tubuh kekurangan cairan, kulit akan cenderung kering dan semakin sensitif.

Tidak cermat menggunakan skincare

Sembarangan dalam memilih produk skincare adalah salah satu hal yang menjadi pantangan dan harus dihindari kulit sensitif. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Brazilian Society of Dermatology, sebaiknya pilih skincare yang tidak mengandung parfum dan bahan yang dapat mengiritasi kulit.

Hentikan kebiasaan menggunakan skincare berbahan SLS, alkohol, dan parfum karena bahan-bahan tersebut rentan memicu iritasi. Skincare yang cocok untuk kulit sensitif umumnya berbahan lebih lembut dan fokus pada fungsinya dalam menjaga kelembapan kulit.

Populer video

Berita lainnya