Aman dan Alami, Simak Manfaat Tawas untuk Ketiak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tawas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain deodoran, terdapat bahan alami untuk mengatasi bau badan. Yaitu, tawas untuk ketiak. Ya, tawas merupakan bongkahan kristal yang terbentuk dari garam mineral kalium alum. Bahan satu ini bisa dengan mudah larut di dalam air, dan terbilang aman apabila bersentuhan langsung dengan kulit.

Penggunaan tawas untuk ketiak sendiri sudah sejak laman dilakukan oleh masyarakat di Asia Tenggara. Apalagi, penggunaan bahan ini sangat aman. Terdapat banyak kandungan di dalamnya yang diyakini memiliki efek baik untuk menunjang kebersihan tubuh, terlebih di bagian ketiak. Melansir laman halodoc, berikut ulasannya.

Mencerahkan ketiak

Ketiak hitam bisa terjadi karena banyak faktor seperti mencukur rambut ketiak kurang tepat atau memiliki masalah medis tertentu. Masalah ini bisa Anda atasi dengan menggunakan tawas. Bahan alami ini membantu membersihkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih sehingga membuat ketiak tampak lebih cerah.

Membuat kulit ketiak lebih halus

Manfaat ini lagi-lagi berkat kapabilitas tawas untuk mengurangi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati serta kotoran dari kulit ketiak. Biasanya, kulit ketiak kasar terjadi karena terlalu sering mencukur bulu di area ini.

Mengurangi aroma tak sedap di ketiak

Ketiak yang terlalu lembap akan menjadi tempat bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak. Kondisi ini dapat mengakibatkan munculnya aroma tidak sedap di area tubuh tersebut. Sebuah studi menyebutkan, manfaat tawas untuk ketiak adalah bekerja aktif dalam menekan pertumbuhan bakteri pada area tersebut.

Cocok untuk kulit ketiak sensitif

Kulit ketiak yang sensitif biasanya akan menunjukkan tanda iritasi setelah memakai deodoran. Sebab kandungan bahan kimia di dalamnya bisa memicu iritasi pada kulit sensitif. Jika Anda mengalaminya, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan tawas sebagai pengganti deodoran.

Perawatan bagi kulit ketiak setelah dicukur

Tawas memiliki kandungan antibakteri yang efektif untuk memberikan perawatan kulit dari risiko iritasi setelah dicukur. Sebuah studi menyebutkan, tawas memiliki manfaat untuk mencegah perdarahan dari luka kecil akibat pemakaian pisau cukur, sekaligus membantu mempercepat penyembuhan lukanya. Selain itu, tawas juga membantu memberikan hidrasi pada kulit ketiak sehingga tidak terlalu kering.

Populer video

Berita lainnya