Ini Lomba-Lomba yang Populer di Hari Kemerdekaan Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Panjat Pinang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Beragam kegiatan digelar untuk menyemarakan hari kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Aneka dekorasi bertemakan pun biasanya sudah terpajang dari awal Agustus, untuk menambah semaraknya hari kelahiran Indonesia, yang kini genap berusia 77 tahun. Tak ketinggalan, lomba-lomba 17-an, yang mungkin sudah kita rasakan sejak masih kecil.

Di setiap daerah umumnya memiliki cara sendiri dalam merayakan hari kemerdekaan dengan lomba-lomba 17-an yang khas. Nah, berikut ini beberapa pilihan lomba 17-an klasik paling populer yang ada di Indonesia:

Lomba makan kerupuk

Lomba makan kerupuk ini umumnya dilakukan setidaknya 4 orang. Caranya adalah dengan mengikatkan kerupuk ke tali yang telah diikat ke pohon atau bambu, kemudian setiap peserta akan berlomba menghabiskan kerupuk tersebut namun dengan kondisi tangan yang tidak boleh memegang kerupuk sama sekali.

Lomba balap karung

Lomba ini mungkin bisa ditemui di berbagai daerah setiap hari kemerdekaan. Peserta akan masukan kedua kaki mereka ke dalam karung dan mengangkat karung setinggi pinggang sambil melompat berlomba siapa yang bisa menuju garis akhir tercepat. Permainan yang satu ini juga diawali dengan pakaian rakyat di tahun 1940an yang kebanyakan hanya menggunakan karung goni.

Tarik tambang

Lomba ini tidak bersifat individual. Sebab, lomba ini membutuhkan 2 tim yang terdiri dari beberapa orang yang nantinya akan saling berlomba untuk menarik tali tambang hingga melewati garis tengah. Lomba tarik tambang dipercaya mempunyai makna semangat bekerjasama untuk melawan penjajah.

Balap kelereng

Meski terlihat sederhana, lomba ini tak semudah kelihatannya. Setiap peserta berlomba untuk meraih garis akhir dengan membawa sebuah kelereng menggunakan sendok yang digigit. Selain kecepatan, perlombaan ini membutuhkan konsentrasi dan juga keseimbangan untuk memastikan kelereng tidak terjatuh.

Memasukkan paku dalam botol

Lomba ini membutuhkan konsentrasi serta kesabaran. Lomba ini dilakukan dengan mengigatkan paku pada seutas tali pada pinggang peserta. Kemudian setiap peserta harus berusaha memasukkan paku tersebut ke dalam botol tanpa menggunakan alat bantu apapun, termasuk tangan mereka.

Panjat pinang

Diantara semua lomba hari kemerdekaan Republik Indonesia, mungkin ini merupakan lomba yang paling ikonik dan populer. Lomba ini terdiri dari beberapa kelompok yang harus bekerjasama memanjat tiang dari pohon pinang untuk mengambil hadiah. Namun tidak semudah itu. Karena para peserta harus berlumuran oli yang melekat pada tiang yang membuat permukaannya menjadi licin.

Populer video

Berita lainnya