Ketahui Manfaat Bangun Pagi bagi Mental dan Fisik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bangun Pagi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidur yang cukup merupakan salah satu komponen kunci untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Sebuah studi menemukan bahwa mengubah jadwal tidur, yaitu tidur satu jam lebih awal dan bangun satu jam lebih awal, dapat menurunkan risiko depresi sebesar 23 persen.

Tidur yang cukup dan bangun lebih awal di pagi hari disebut dapat meningkatkan kesehatan mental. Melansir laman halodoc, berikut manfaat bangun pagi bagi kesehatan mental dan fisik yang perlu Anda ketahui.

Meningkatkan fungsi kognitif

Bangun pagi cenderung membuat otak berkonsentrasi lebih baik, lebih waspada, dan berenergi sepanjang hari. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang bangun pagi lebih proaktif dan berorientasi pada tujuan, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang kuat, dan berprestasi di sekolah.

Memiliki waktu sarapan dengan baik

Seseorang yang bangun kesiangan kemungkinan akan melewati sarapan . Orang yang tidur larut malam dan bangun tidur kesiangan, cenderung mengonsumsi 248 kalori lebih banyak per hari dibandingkan orang yang cukup tidur dan bangun pagi. Dengan bangun lebih awal, Anda akan memiliki waktu untuk membuat sarapan yang sehat.

Punya waktu berolahraga

Untuk seseorang yang sibuk, pagi hari mungkin satu-satunya waktu untuk berolahraga. Berolahraga di pagi hari tentu penting untuk kesehatan fisik dan mental. Orang yang bangun pagi lebih awal biasanya memiliki pikiran yang lebih positif dibanding orang yang suka begadang dan bangun kesiangan. Mereka biasanya juga lebih optimis, menyenangkan, teliti, dan puas dengan kehidupan.

Mengurangi stres

Dengan bangun pagi, Anda dapat meminimalkan stres dan menyelesaikan pekerjaan tanpa tambahan waktu atau tekanan. Anda juga tidak perlu terburu-buru saat hendak pergi ke kantor, karena bisa menghindari kemacetan lalu lintas.

Kulit lebih sehat

Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup serta bangung pagi terbukti dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sebab selama tidur, sel-sel kulit beregenerasi, sementara itu peningkatan aliran darah dan kolagen membantu memperbaiki kerusakan kulit dan paparan sinar UV.

Populer video

Berita lainnya