Ketahui Makanan dan Minuman yang Bisa Berdampak Buruk bagi Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Noda di Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain jarang membersihkan gigi, pola makan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi. Karenanya, pemilihan jenis makanan juga perlu diperhatikan. Ada jenis makanan yang bertekstur keras atau mengandung tinggi gula yang bisa berdampak buruk bagi gigi.

Lalu, minuman yang mengandung asam berpotensi dapat merusak gigi. Melansir laman klikdokter, berikut ini makanan dan minuman yang perlu dibatasi mengonsumsinya agar tidak merusak gigi.

Permen asam

Permen asam umumnya memiliki tekstur yang kenyal, sehingga dapat menempel tanpa disadari dalam jangka waktu yang lama. Sisa permen yang menempel tersebut dapat mengundang datangnya bakteri. Jika tidak dibersihkan dengan baik, lama-kelamaan bakteri akan menghasilkan zat asam dan menggerogoti gigi serta menyebabkan karies gigi.

Kondisi rongga mulut yang asam sebenarnya dapat dinetralkan dengan produksi air ludah. Salah satu cara memproduksi air liur adalah mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula. Agar mineral di dalam gigi tidak larut karena asam, sebaiknya jangan langsung menyikat gigi setelah makan permen asam.

Jeruk

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa jeruk masuk dalam daftar makanan yang dapat merusak gigi? Hal ini bisa terjadi jika Anda terlalu sering mengonsumsi jeruk. Sebab, kandungan asam di dalam jeruk dapat mengikis lapisan enamel, sehingga membuat gigi rentan rusak.

Agar jeruk tidak menyebabkan masalah pada gigi, minumlah air putih setelah mengonsumsinya. Usahakan konsumsi jeruk utuh karena lebih baik bagi gigi dibanding dijus.

Minuman beralkohol

Tidak sedikit masalah gigi dan mulut yang muncul akibat konsumsi alkohol, salah satunya mulut dapat menjadi kering. Pada orang yang mengonsumsi alkohol, mulut akan cenderung kering akibat produksi air liur yang menurun. Padahal, peran air liur sangatlah penting.

Air liur berfungsi membersihkan sisa-sisa makanan dan melindungi gigi dari kerusakan. Jika mulut kering dibiarkan terus-menerus, maka aktivitas self-cleansing gigi tidak bekerja. Akibatnya gigi akan mudah mengalami karies gigi atau erosi gigi.

Es batu

Kebanyak orang sering menikmati es batu dengan cara menggigitnya. Padahal, kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan gigi retak atau patah, sehingga dapat membuat gigi lebih sensitif.

Keripik kentang

Keripik kentang mengandung pati yang dapat berubah menjadi gula. Jika gula tersebut sudah menempel erat pada gigi, tentu akan menjadi makanan bakteri yang terdapat di dalam plak. Penumpukan plak dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi. Oleh karena itu, keripik kentang juga masuk dalam daftar makanan yang dapat merusak gigi.

Soda

Minuman bersoda adalah salah satu minuman yang merusak gigi. Kandungan gula, asam, dan karbonasi yang ada di dalamnya dapat mempercepat pertumbuhan bakteri perusak gigi. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mempercepat terjadinya proses pengikisan lapisan enamel atau erosi gigi.

Kopi dan teh

Kandungan kafein di dalam kopi dan teh memiliki manfaat untuk kesehatan. Tak heran bila banyak yang mengonsumsi minuman-minuman ini setiap hari, misalnya sebagai mood booster. Sayangnya, terlalu banyak orang yang tidak tahan untuk menambahkan gula ke dalam minuman tersebut. Tambahan gula berlebihan tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi bila tidak dibersihkan.

Roti

Mengapa mengunyah sepotong roti dapat menyebabkan kerusakan gigi? Alasannya, roti putih atau makanan lain yang kaya zat tepung menyebabkan air liur memecah pati menjadi gula. Gula ini dapat menempel pada celah gigi, sehingga bisa menimbulkan kerusakan gigi atau gigi berlubang.

Populer video

Berita lainnya