Terapkan Clean Eating Saat Puasa, Begini Caranya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Clean Eating
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Clean eating adalah pola makan sehat yang melibatkan beberapa prinsip seperti makan real food, mengonsumsi makanan bernutrisi, lebih banyak makan makanan nabati, serta aktif berolahraga. Menerapkan clean eating saat puasa dapat membantu memaksimalkan puasa sekaligus permulaan untuk pola hidup sehat kedepannya.

Masalahnya mungkin sebagian orang kebingungan bagaimana cara menerapkan pola makan bersih. Membatasi kalori dan memperbanyak serat tidak semata menjadi konsep clean eating itu sendiri. Melansir laman halodoc, berikut ini cara menerapkan clean eating saat puasa.

Konsumsi real food saat sahur dan berbuka

Ide dasar dari konsep clean eating adalah memilih makanan yang sedekat mungkin dengan bentuk alaminya alias real food. Alih-alih makan makanan cepat saji, pilihlah mengonsumsi makanan alami. Terkadang, orang sering memilih camilan cepat saji sebagai menu pembuka. Nah, ini bukan konsep clean eating saat puasa. Ketimbang makanan demikian, Anda bisa memilih berbuka dengan kurma dan teh manis hangat.

Mengganti karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan, seperti roti putih dan nasi umumnya kehilangan nutrisi selama proses pembuatan. Menukar jenis-jenis makanan tadi dengan roti gandum utuh, nasi merah, biji-bijian utuh lainnya seperti oatmeal, justru akan lebih menyehatkan.

Mengonsumsi biji-bijian dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker usus besar. Nah, Anda bisa sahur oatmeal dengan madu atau nasi merah dengan ikan panggang. Ini justru lebih menyehatkan dan membuat kenyang lebih lama.

Tambahkan sayur dan buah pada menu sahur dan berbuka

Buah adalah pendamping menu yang menyehatkan sekaligus membantu menghidrasi tubuh di sepanjang puasa. Sebagai menu berbuka, buah juga bisa mengembalikan kesegaran tubuh dan mengenyangkan. Anda bisa menjadikan buah sebagai kudapan setelah berbuka dan itu menyehatkan.

Perbanyak minum air putih

Air putih juga dapat mengekang rasa lapar dan tidak memberikan sensasi kelegaan sementara seperti halnya ketika minum minuman bersoda. Kalau kamu bosan dengan air putih, bisa tambahkan daun mint atau irisan lemon sebagai perasa.

Olahraga

Clean eating tak hanya soal pola makan dan pemilihan jenis makanan yang boleh dan disarankan tidak dimakan. Dengan aktif berolahraga juga merupakan salah satu cara menerapkan clean eating saat puasa. Anda bisa memilih melakukan olahraga sebelum berbuka atau setelah berbuka. Jenis olahraganya bisa macam-macam, mulai dari sepedaan ataupun yoga.

Populer video

Berita lainnya