Manfaat Minum Teh Saat Sahur dan Buka Puasa bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minuman Teh
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berbukalah dengan yang manis. Pasalnya, selama hampir 14 jam tubuh seseorang yang menjalani puasa tidak mendapatkan asupan cairan dan sari makanan. Hal itu membuat kadar gula dalam darah menurun dan menyebabkan lemas menjelang buka puasa.

Sehingga, jika seseorang berbuka dengan makanan atau minuman yang manis akan menyeimbangkan kembali kadar insulin, sehingga bisa kembali memproduksi energi. Tentu tetap ada batasan dalam mengkonsumsinya. Nah, teh menjadi salah satu minuman favorit yang dikonsumsi saat berbuka puasa maupun sahur. Selain nikmat, minuman teh ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Melansir laman alodokter, berikut penjelasanya.

Menjaga kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi teh hitam setidaknya 3 gelas setiap hari dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Manfaat ini berasal dari senyawa flavonoid yang berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan kolesterol jahat

Teh hitam maupun teh hijau merupakan salah satu jenis minuman penurun kolesterol alami yang baik dikonsumsi secara rutin. Hal ini karena kedua jenis teh tersebut mengandung sejumlah katekin, yaitu senyawa golongan flavonoid yang bermanfaat untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Menjaga kadar gula darah

Mengonsumsi teh hitam tanpa gula dinilai dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes, terutama diabetes tipe 2. Hal ini berkat peran senyawa flavonoid jenis katekin dan teaflavin yang diduga mampu meningkatkan kadar dan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membuat kadar gula darah menjadi lebih mudah terkontrol.

Melancarkan peredaran darah

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam teh diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menjaga kesehatan dinding pembuluh darah. Tak hanya itu, kandungan senyawa tersebut juga diduga dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Populer video

Berita lainnya