Kenali Sifat Control Freak dan Ciri-cirinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Control Freak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anda tentu akan merasa terganggun bila memiliki rekan kerja, yang mulai mengatur cara Anda berbicara atau berpenampilan. Memang, sikap penuh kontrol dibutuhkan agar sesuatu dapat berjalan sesuai dengan aturan dan tujuan. Namun, sikap ini justru terasa mengganggu bila dilakukan secara berlebihan, terutama ketika sudah di luar urusan yang bersangkutan. Hal ini disebut dengan istilah control freak.

Orang-orang dengan sifat control freak memiliki kecenderungan untuk terus-terusan mengontrol orang lain di lingkungan sekitarnya. Mereka selalu merasa bahwa lebih mengetahui apa yang terbaik untuk semua orang. Bahkan, mereka juga memaksakan standard pribadinya kepada orang lain.

Seorang control freak seringkali melakukan tindakannya dengan dorongan perfeksionisme. Pada beberapa orang, sifat ini juga bisa muncul karena kecemasan berlebih dan ketakutan. Mereka kerap merasa ketakutan bahwa akan ada hal-hal buruk yang terjadi. Ketakutan tersebut tak bisa dikendalikan sehingga mereka berusaha melakukan segala cara untuk menghindarinya. Melansir laman hellosehat, berikut ciri-ciri orang yang memiliki sifat control freak.

Senang mengoreksi orang lain saat melakukan kesalahan

Seorang control freak sering merasa perlu mengoreksi orang lain ketika melakukan kesalahan. Seseorang yang melakukan tindakan ini cenderung berpikir bahwa dirinya selalu benar dan merasa orang lain harus mengakuinya.

Selalu ingin memenangkan argumen

Seorang control freak selalu merasa dirinya paling hebat, cerdas, dan logis di antara semua orang, padahal mungkin mereka malah tidak tahu apa-apa. Meski begitu, bereka akan berusaha untuk selalu mendominasi perdebatan. Dalam ranah psikologi, fenomena sok tahu ini dikenal sebagai Dunning-Kruger Effect.

Sulit bekerja dalam tim

Bekerja dalam sebuah tim mengharuskan Anda untuk berbagi kendali dan tanggung jawab dengan anggota tim lainnya. Ini tentu jadi hal yang sulit dilakukan bagi para control freak, sebab mereka jadi kehilangan kendali atas orang lain. Meskipun bekerja secara berkelompok, mereka akan mengajukan diri menjadi pemimpin agar bisa mengatur para anggota untuk bekerja sesuai dengan keinginannya.

Tidak mau disalahkan

Seorang control freak biasanya tidak mau menerima kritik dan masukan dari orang lain. Walaupun sudah terbukti apa yang dilakukannya salah, mereka tidak akan mengakuinya karena merasa dirinya paling benar. Bahkan ketika mereka dihadapkan dengan konfrontasi, mereka akan merasa bahwa orang-orang tersebut hanyalah memanfaatkan situasi untuk melawan mereka atau menganggap mereka tidak kompeten.

Sering mengkritik orang lain

Seorang control freak sangatlah kritis terhadap orang lain. Dengan berpaku pada standard yang mereka miliki, mereka akan menghakimi tindakan orang lain atau cara mereka dalam menjalani hidup yang tidak sesuai dengan standardnya.

Manipulatif

Orang-orang yang gila kontrol terkadang tak segan melakukan teknik manipulasi untuk mendapatkan keinginannya. Mereka akan berusaha menarik simpati dan perhatian Anda dengan mengatakan bahwa apa yang dia lakukan demi kebaikan untuk semua orang.

Populer video

Berita lainnya