Simak Tips Menjaga Kesehatan Menjelang Bulan Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Jaga Kesehatan Jelang Ramadan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bulan Ramadan sudah di depan mata. Di bulan suci tersebut, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Maka itu, ada baiknya Anda mempersiapkan tubuh agar siap menjalankan puasa.

Dengan mulai membuat perubahan pada kebiasaan makan dan tidur dari sekarang, tubuh akan lebih mudah untuk beradaptasi saat puasa nanti. Melansir laman halodoc, berikut cara menjaga kesehatan sebagai persiapan sebelum puasa.

Minum lebih banyak air dari sekarang

Cobalah untuk meningkatkan asupan air untuk membuat tubuh berada dalam kondisi hidrasi yang optimal. Anda bisa mulai minum satu atau dua gelas air putih lebih banyak dalam sehari, untuk mengurangi risiko dehidrasi yang bisa dialami tubuh selama puasa, terutama saat cuaca sedang panas.

Sarapan lebih awal

Selama bulan Ramadan, Anda akan bangun pagi-pagi sekali setiap hari untuk Sahur dan penting untuk tidak melewatkan waktu makan ini. Nah, cobalah untuk mulai sarapan lebih awal dari sekarang agar tubuh terbiasa makan sahur selama bulan puasa, terutama bagi Anda yang tidak terlalu suka sarapan.

Kurangi asupan makan

Jika beberapa orang akan makan sepuasnya sebelum menjalani puasa selama sebulan penuh, sebenarnya hal yang perlu dilakukan sebagai persiapan sebelum puasa justru sebaliknya. Makan lebih banyak akan membuat tubuh terbiasa makan banyak, sehingga Anda akan sulit menahan lapar saat berpuasa nanti.

Cobalah untuk mengurangi asupan kalori harian dari sekarang dengan mengganti makanan tinggi lemak dengan makanan berprotein tinggi agar tubuh siap untuk berpuasa.

Kurangi kafein dan rokok

Cobalah untuk mengurangi asupan kafein dari sekarang. Anda bisa memulai dengan beralih ke kopi tanpa kafein atau mengurangi jumlah kopi yang biasa Anda minum sehari-hari.

Begitu juga dengan perokok. Tidak merokok selama menjalani puasa berpotensi menyebabkan perokok mengalami berbagai gejala penarikan, seperti gelisah, tidak sabar, dan sulit berkonsentrasi selama jam-jam puasa. Jadi, untuk mencegahnya, kurangilah kebiasaan merokok pada siang hari untuk mempersiapkan diri untuk berpuasa nanti.

Atur pola tidur

Bila biasanya Anda tidur larut malam dan bangun agak siang, cobalah untuk mulai mengatur waktu tidur dari sekarang sebagai persiapan sebelum puasa. Pasalnya, selama bulan Ramadan, Anda akan bangun lebih awal untuk sahur. Jadi, cobalah untuk tidur lebih awal dari sekarang dan bangun lebih pagi. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk bangun pagi untuk sahur saat bulan puasa nanti.

Populer video

Berita lainnya