Tips Penting Buat Anda yang Suka Jogging!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Jogging
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jogging merupakan salah satu cara untuk membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, jogging memiliki beragam manfaat lain seperti menurunkan berat badan dan mencegah obesitas, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, mengurangi kolesterol serta menjaga kadar gula darah dan tekanan darah tetap stabil, memperbaiki suasana hati, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat jogging secara maksimal, ada hal penting yang perlu Anda perhatikan, salah satunya persiapan. Hal ini dilakukan guna mendukung kenyamanan dan semangat Anda selama melakukan jogging. Melansir laman aldokter, berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum jogging:

Sepatu lari yang nyaman di kaki

Penting untuk memilih sepatu lari yang sesuai dengan ukuran kaki dan terasa nyaman di kaki saat dipijak. Selain faktor kenyamanan, pemilihan sepatu yang tepat juga bisa menurunkan risiko terjadinya cedera. Apabila sepatu sudah terasa tidak enak digunakan, kurang pas, atau koyak, maka sudah saatnya untuk mengganti sepatu lari yang baru.

Pakaian olahraga yang nyaman

Pemilihan pakaian yang tepat juga penting untuk menjaga kenyamanan saat jogging. Pilihlah pakaian olahraga dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti spandex, katun, atau poliester. Anda bisa memilih pakaian yang santai, seperti kaos, celana jogging, atau celana pendek, untuk berlari.

Tentukan lokasi dan waktu jogging

Tentukan lokasi dan rute yang nyaman untuk jogging, seperti taman atau gelanggang olahraga. Pilih rute dengan jalan atau jogging track yang rata, tidak licin, dan aman untuk berlari. Agar tidak membosankan, Anda juga bisa mengganti rute agar tetap semangat melakukan jogging.

Penuhi asupan nutrisi dan energi

Jogging membutuhkan cukup banyak energi, terlebih jika ingin melakukan olahraga ini dalam waktu lebih dari 60 menit. Maka dari itu, dianjurkan mengonsumsi makanan bernutrisi yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein setidaknya 3 jam sebelum jogging. Selain itu, pastikan juga cukup minum air putih sebelum dan selama melakukan jogging agar tidak mengalami dehidrasi.

Populer video

Berita lainnya